Tambal Sulam Data Calon Penerima Bantuan Dampak Covid-19

    Ahmad Mustaqim - 11 Mei 2020 15:24 WIB
    Tambal Sulam Data Calon Penerima Bantuan Dampak Covid-19
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id/Roni K)
    Yogyakarta: Rencana Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memberikan bantuan bagi masyarakat terdampak pandemi covid-19 tak kunjung terealisasi. Data calon penerima bantuan masih diolah lantaran terus ditemukan masalah.

    Seperti data calon penerima bantuan di Dusun Bantar Wetan, Desa Banguncipto, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Ada warga tidak mampu yang sudah masuk pendataan namun saat data dikeluarkan Dinas Sosial setempat, daftar tersebut hilang.

    Kepala Dusun Bantar Wetan, Surono, mengungkapkan, sebanyak 11 warga tak mampu hilang dalam daftar penerima bantuan. Padahal, sebagian dari mereka merupakan merupakan warga yang tinggal sendiri tanpa pendampingan keluarga. 

    "11 warga ini kami proses lagi. Nama-namanya kami usulkan ke Dinas Sosial," kata Surono, Senin, 11 Mei 2020. 

    Baca juga: Pemprov Papua Imbau Pasutri Tunda Kehamilan

    Ia mengatakan, pihaknya mengusulkan 94 nama yang dinilai layak dapat bantuan. Daftar itu di luar penerima program keluarga harapan (PKH), aparatur sipil negara (ASN), pensiunan, dan warga penerima bantuan lain. Lantaran tak kunjung cair, muncul polemik di masyarakat. 

    "Ada warga yang mengadu, kesannya (penerima bantuan) yang menunjuk perangkat desa," katanya. 

    Sementara itu, Kepala Dinas Sosial DIY, Untung Sukaryadi, mengatakan, proses penyaluran bantuan yang memakan waktu agar data penerima valid. Menurut dia, pihaknya masih melakukan verifikasi agar tak ada penyelewengan. 

    "Prosesnya tidak bisa disederhanakan, sesuai by name by address. Kalau disederhanakan bisa malaadministrasi di Dinas Sosial," ujar Untung. 

    Ia menyatakan, rencana sumber data bantuan berasal dari Kementerian Sosial, Pemerintah DIY, dan pemerintah desa. Namun, data yang ada tidak boleh terjadi duplikasi atau ada penerima bantuan ganda. 

    "125 ribu (calon penerima bantuan) dari pusat. Ini masih diverifikasi. Data kalau sudah selesai kita proses secepatnya," jelasnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id