21 Pedagang di Empat Pasar di Makassar Reaktif Rapid Tes

    Muhammad Syawaluddin - 14 Mei 2020 02:00 WIB
    21 Pedagang di Empat Pasar di Makassar Reaktif Rapid Tes
    ilustrasi Medcom.id
    Makassar: Sebanyak 21 pedagang di Kota Makassar yang menjalani rapid tes dinyatakan reaktif. Hasil itu didapat setelah melakukan pemeriksaan atau skrining awal dengan rapid tes di empat pasar tradisional.

    "Dari empat pasar yang jadi daerah rapid tes dan yang reaktif itu sebanyak 21 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Ichsan Mustari, di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 13 Mei 2020.

    Baca: Warga Jatim Positif Covid-19 di Jatim Meningkat Jadi 1.766 Orang

    Puluhan warga itu diketahui setelah sebanyak 548 pedagang menjalani rapid tes di empat pasar yang ada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Kegiatan itu rencananya akan dilakukan selama empat hari mulai 12-16 Mei 2020.

    Puluhan pedagang ini bakal di isolasi mandiri di tiga hotel yang telah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yakni Hotel Swissbel, Hotel Almadera, dan Hotel Harper.

    "Semua akan kita isolasi di hotel yang ada," jelas Ichsan.

    Meski ada puluhan kasus pedagang yang reaktif rapid tes, pihaknya tidak akan menutup pasar-pasar tradisional namun penerapan protokol kesehatan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah pusat lebih diperketat sehingga kasus serupa tidak akan terjadi.

    "Tidak ada kegiatan mengetatan di pasar karena yang punya potensi ini sudah kita jaring. Tapi ketentuan PSBB di pasar juga tetap jalan, jadi pasar tetap jalan selama dengan prinsip-prinsip protokol kesehatan," ungkapnya.

    Direktur PD Pasar Makassar, Basdir menyatakan pihaknya memastikan rapid test akan dilakukan pada 6.943 pedagang di 18 pasar tradisional dan 23 pasar darurat yang ada di Kota Makassar.

    "Rapid test ini akan diprioritaskan kepada masyarakat yang beraktivitas di kawasan pasar termasuk pedagang. Sebab melihat aktivitas di pasar khususnya pasar tradisonal yang masih ramai di masa pandemi Covid-19 ini," kata Basdir.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id