comscore

Partisipasi Sensus Daring di Jember Ditargetkan 50 Persen

Antara - 17 Februari 2020 18:55 WIB
Partisipasi Sensus Daring di Jember Ditargetkan 50 Persen
Petugas mengamati pergerakan sensus penduduk secara online di ruang kendali eksekutif sensus penduduk Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta. (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat)
Jember: Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, menargetkan partisipasi masyarakat untuk mengisi kuesioner dalam Sensus Penduduk (SP) 2020 secara daring mencapai 50 persen.

Bupati Jember, Faida, mengatakan, sensus penduduk secara daring merupakan hal baru bagi masyarakat. Karena itu, pihaknya mengerahkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk ikut membantu.
"Kami targetkan partisipasi masyarakat dalam sensus penduduk secara online bisa mencapai 50 persen. Seluruh ASN, Polri, TNI, dan instansi vertikal wajib mengisi sensus penduduk secara mandiri," ujarnya, melansir Antara, Senin, 17 Februari 2020.

Selain itu, kata Faida, pihaknya juga bersinergi dengan satgas informasi agar setiap desa mendapatkan pendampingan untuk mengisi kuesioner sensus. Satgas informasi terlebih dulu akan mendapatkan bimbingan teknis dari Badan Pusat Statistik (BPS) setempat sebelum membantu masyarakat.

"Kami juga akan menyediakan hadiah sebagai bentuk dukungan. Diharapkan, 50 persen dari total 2,6 juta penduduk di Jember bisa melakukan sensus secara daring," jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPS Jember Arif Joko Sutejo menyatakan mendukung pencapaian target partisipasi sensus penduduk daring di Kabupaten Jember selama 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020.

Menurut dia, sensus penduduk daring bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju satu data kependudukan.

"Juga menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk dan indikator SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan," pungkasnya.




(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id