3 Perompak Ditangkap di Perairan Pulau Nipah

    Anwar Sadat Guna - 17 Maret 2020 07:56 WIB
    3 Perompak Ditangkap di Perairan Pulau Nipah
    TNI AL menangkap tiga perompak, di perairan Pulau Nipah, Batam, Provinsi Kepri, Senin, 16 Maret 2020. MEdcom.id/Anwar S
    Karimun: Tiga perompak yang beroperasi di wilayah perairan Pulau Nipah, Kepulauan Riau, ditangkap prajurit TNI AL, pada Senin, 16 Maret 2020, sekira pukul 05.20 WIB. Dari lima pelaku, dua orang kabur. 

    "Tiga orang pelaku yang ditangkap di antaranya berinisial JU, WB, dan CA. Sedangkan, dua pelaku lainnya melarikan diri saat tim menyergap kawanan perompak di atas kapal berbendera Liberia," kata Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Yayan Sofian, Senin, 16 Maret 2020.

    Yayan menjelaskan para pelaku berupaya membajak terhadap kapal asing MV Sam Jaguar, jenis bulkerir berbendera Liberia. Dia menerangkan tiga pelaku berada di kapal berniat mencuri. 

    "Modus mereka, memburu kapal MV Sam Jaguar berbendera Liberia saat melintas di wilayah antara Timur Pulau Karimun dan Barat Pulau Nipah pada posisi 01.08.558 U - 103.33.096 T," jelasnya.

    Baca: Kapal Asal Liberia Dirompak di Alur Belawan

    Dia menerangkan upaya pembajakan bisa digagalkan setelah awak kapal MV Sam Jaguar memberi informasi kepada otoritas Singapura. Kemudian disampaikan kepada Guskamla Koarmada I.

    "Saat itu juga kita langsung kerahkan dua KRI yakni KRI Siwar-646 dan KRI Halasan-630 yang dibantu tim F1QR Lanal Tanjungbalai Karimun dan Lanal Batam. Ketika matahari terbit, kita kerahkan helikopter BO 105 HE-4108 TNI AL untuk mengejar pelaku, karena menggunakan kapal mesin cepat," bebernya.

    Yayan memastikan pihaknya tengah memburu dua pelaku yang kabur. Pihaknya telah mengantongi identitas dua pelaku yang kabur. 

    "Nanti Lanal Tanjungbalai Karimun bersama instansi terkait melakukan pengejaran," imbuhnya.

    Yayan menerangkan perairan Karimun, Pulau Nipah dan sekitarnya merupakan alur pelayaran internasional. Pihaknya memastikan bakal mengoptimalkan pengamanan di wilayah tersebut dengan instansi terkait. 

    "Itu merupakan jalur selat Malaka, akses transportasi laut penting, di situ ratusan kapal melakukan aktivitas pelayaran. Kasus ini merugikan citra Indonesia," terangnya. 

    Pulau Nipah adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di perbatasan Indonesia dengan Singapura. Pulau Nipah masuk dalam wilayah Pemerintah Kota Batam, provinsi Kepulauan Riau. 



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id