Realisasi Vaksinasi Covid-19 Brebes Baru 15%

    Kuntoro Tayubi - 14 September 2021 10:25 WIB
    Realisasi Vaksinasi Covid-19 Brebes Baru 15%
    Lansia berisiko dengan penyakit bawaan mengikuti vaksinasi Covid-19 di Islamic Center Brebes. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)



    Brebes: Sedikitnya dibutuhkan 30 ribu dosis vaksin per hari untuk mencapai kekebalan komunal atau herd immunity dari Covid-19, di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Jika target tercapai, Brebes bisa mencapai herd immunity pada 31 Desember mendatang.

    Namun, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Brebes, Dokter Sri Gunadi Parwoko, mengatakan, saat ini cakupan vaksin di Kabupaten Brebes masih di bawah 15 persen. Hal ini disebabkan masih ada kendala dalam percepatan vaksinasi di Kabupaten Brebes.

     



    "Salah satunya ketersediaan vaksin yang masih kurang. Di Brebes ada 1,5 juta orang yang harus divaksin. Dengan kata lain, butuh 30 ribu dosis per hari untuk mencapai herd immunity Desember nanti," kata Gunadi, Selasa, 14 September 2021. 

    Dia mengungkapkan, berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemkab Brebes dalam memenuhi stok vaksinasi di Kabupaten Brebes. Salah satunya, selalu berkordinasi dengan pemerintah provinsi dan mitra kerja yang ada. Menurutnya, pihaknya harus pro aktif meminta tambahan vaksin, mengingat penduduk Brebes jumlahnya cukup banyak.

    Baca juga: Nahas! Mobil Tertabrak Kereta hingga Terseret 50 Meter, 2 Orang Meninggal

    Saat ini pihaknya terus melakukan percepatan vaksinasi di tingkat kecamatan melalui puskesmas-puskesmas. Masyarakat lanjut usia (lansia) masih menjadi prioritas utama vaksinasi, juga terhadap orang dengan risiko (ODR). Setelah itu, vaksinasi Covid-19 akan menyasar para pelajar untuk mendukung pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

    "Khusus untuk pelajar saat ini memang masuk prioritas, vaksinasi sudah dilakukan di pondok pesantren-pesantren," tuturnya.

    Percepatan vaksinasi covid-19 terus dilakukan oleh berbagai pihak di daerah. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem pun tidak mau ketinggalan berpartisipasi membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi tersebut.
     
    DPD Partai Nasdem Kabupaten Brebes memfasilitasi giat vaksinasi covid-19 di gedung Islamic Center Brebes pada Senin, 13 September 2021, dengan menyasar sebanyak 1.000 warga.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id