Nakes Korban KKB Dapat Pendampingan Pemulihan Fisik dan Psikis

    Antara - 26 September 2021 16:19 WIB
    Nakes Korban KKB Dapat Pendampingan Pemulihan Fisik dan Psikis
    Tenaga kesehatan yang menjadi korban serangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) turun dari helikopter milik TNI AD di Lapangan Frans Kaisepo Makodam XVII Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua, Jumat (17/9/2021). ANTARA / Indrayadi



    Jakarta: Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Papua memberikan pendampingan untuk pemulihan fisik dan psikis tenaga kesehatan (nakes) korban penyerangan kelompok kriminal bersenjata (KKB). Nakes akan didampingi hingga traumanya benar-benar sembuh.

    "Serangan terhadap fasilitas dan layanan kesehatan di Puskesmas Kiwirok tidak hanya mengorbankan tenaga kesehatan, namun juga menghilangkan sarana dan hak masyarakat setempat yang membutuhkan bantuan atau penanganan medis dan kesehatan," kata Ketua IDI Wilayah Papua, Donald Aronggear, dalam keterangan tertulis, Minggu, 26 September 2021.

     



    Baca: Ogah Kecolongan, Kudus Ekstra Ketat Awasi Prokes Covid-19 di Kawasan Wisata

    Donald menuturkan IDI Papua menyadari di masa pandemi ini, selain risiko infeksi covid-19, nakes di Papua memiliki risiko kesehatan dan keselamatan kerja yang bersifat biologis, fisik, maupun psikososial.

    Namun keselamatan seluruh tenaga kesehatan yang berperan memberikan pelayanan kesehatan merupakan prioritas bagi negara. "Masyarakat di wilayah pedalaman Papua terutama di Pegunungan Bintang masih membutuhkan pelayanan dan penanganan masalah kesehatan," jelasnya.

    Namun menurut dia agar para tenaga kesehatan dapat bekerja dengan tenang dan maksimal, IDI Papua meminta jaminan keamanan dan keselamatan pada saat mereka bertugas agar mereka dapat melayani masyarakat setempat.

    Sementara jenazah Perawat analis Gabriela Meilani sudah dievakuasi oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan sudah dimakamkan di Pemakaman Umum Tanah Hitam di Jayapura.

    IDI Papua mengapresiasi TNI-Polri yang telah membantu proses evakuasi tersebut dan menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya salah seorang anggota TNI yang tewas saat proses evakuasi jenazah.

     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id