Menyulap Sampah Menjadi Pundi-Pundi Rupiah

    MetroTV - 24 Juni 2021 21:19 WIB
    Menyulap Sampah Menjadi Pundi-Pundi Rupiah
    Ilustrasi. Foto: Dok/Medcom.id



    Aceh: Jika di sekitar rumah Anda masih menemukan sampah dari botol plastik, mendaur ulang benda tersebut merupakan pilihan yang tepat. Memanfaatkan sampah plastik menjadi kerajinan tangan yang unik, akan membantu mengisi waktu luang Anda.

    Seperti yang dilakukan oleh Zainuddin, pemuda yang tinggal di Banda Aceh. Sofa botol plastik atau diberi nama Sobotik ini merupakan mahakarya yang digeluti oleh lelaki itu.

     



    Berawal dari keresahannya akan sampah plastik, ia memanfaatkan dan mengumpulkan botol-botol tersebut. Namun bukan sembarang botol, ia hanya akan memilih botol dalam keadaan baik dan tidak rusak. Hal itu bertujuan agar sofa kokoh saat diduduki.

    "Awalnya gara-gara buka YouTube, tapi sebenarnya udah ada sih orang di luar Banda Aceh yang membuat hal yang sama seperti ini. Saya mau eksekusi karena saya suka dan termasuk orang yang sedikit resah dengan sampah yang dibuang sembarangan. Jadi saya mau action liat tutorial dan sambil dipelajari," ungkap Zainuddin kepada reporter Metro TV, dalam program Newsline, Kamis, 24 Juni 2021.

    Baca juga: Gaya Milenial Bandung Ubah Sampah Jadi Berkah

    Botol-botol tersebut ia rekatkan hingga membentuk bulat. Setelah itu, botol plastik bekas dilapisi busa dan ditutup dengan kulit sofa yang memiliki warna yang bervariasi.

    Zainuddin menuturkan, ia tidak hanya membuat sofa, namun juga meja dari botol plastik. Harga yang ditawarkan juga cukup beragam, mulai dari Rp300.000 hingga Rp 1.500.000.

    Saat ini ia melakukan pemasaran melalui media sosial dan menarik banyak minat pembeli. Sehingga omset yang dia hasilkan dapat meraih Rp5 juta perbulan. (Raisa Oktaviani)

    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id