Bupati Jepara tak Akan Larang Warga Mudik

    Rhobi Shani - 28 April 2021 13:14 WIB
    Bupati Jepara tak Akan Larang Warga Mudik
    Bupati Jepara, Dian Kristiandi. (Foto: Medcom.id/ Rhobi Shani)



    Jepara: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara mempersilakan warga Jepara yang bekerja di luar kota untuk pulang kampung pada Lebaran tahun ini. Baik yang bekerja di dalam provinsi Jawa Tengah maupun di luar provinsi.

    “Ketika provinsi tidak memberikan larangan, kami juga tidak akan bisa melarang. Percuma kalau provinsi tidak memberi larangan itu. Intinya kalau orang Jepara, pulang ke Jepara dari bekerja kami terima,” ujar Bupati Jepara, Dian Kristiandi, di Pendapa Kabupaten Jepara, Rabu, 28 April 2021.






    Selain pekerja, Bupati Jepara, juga tak melarang santri mudik dari pondok pesantren di luar daerah. Asal, pulang kampung itu dilakukan sebelum pemberlakukan larangan mudik, 6-17 Mei 2021.

    Baca juga: Perusahaan Terdampak Covid-19 Boleh Bayar THR tak Penuh

    “Saya kira itu tidak menjadi keputusan yang bijak (larangan), aturan pusat itu untuk semua, daerah tidak perlu membuat aturan sendiri-sendiri. Kalau dari pusat sudah memberikan aturan seperti itu dan masih ada yang nekat jalan, itu yang mesti pemerintah daerah siapkan,” kata Dian.

    Untuk menangani warga dan santri yang nekat mudik, Pemkab Jepara akan mengoptimalkan keberadaan Posko PPKM (pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat) Mikro. Di Kabupaten Jepara, Posko PPKM Mikro telah dibentuk hingga tingkat rukun tetangga (RT). 

    Petugas Posko PPKM Mikro diminta mendata dan melaporkan setiap ada warga yang baru pulang dari perantauan. Juga memantau kondisi kesehatan warga tersebut.

    “PPKM Mikro dioptimalkan. Kami ajak kerja samanya untuk menjaga Jepara agar benar-benar aman,” jelasnya.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id