Herman Deru Putuskan UMP Sumsel 2021 Naik

    Gonti Hadi Wibowo - 19 Desember 2020 13:40 WIB
    Herman Deru Putuskan UMP Sumsel 2021 Naik
    Gubernur Sumsel Herman Deru. Foto: Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo



    Palembang: Gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru, memutuskan untuk menaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2021. Keputusan ini berubah, sebelumnya Herman Deru mengambil kebijakan UMP 2021 tidak akan mengalami kenaikan.

    "UMP Sumsel tahun 2020 yang hanya Rp3.043.111 sekarang naik 3,3 persen menjadi Rp3.144.446," kata Herman Deru, Sabtu, 19 Desember 2020.






    Herman mengatakan keputusan kenaikan UMP telah ditandatangani dan mendapat persetujuan dari dewan pengupahan maupun pengusaha di Sumsel.

    "Saya meminta kepada para pengusaha supaya menerima keputusan kenaikan gaji untuk karyawan ini meskipun saat ini kondisi Sumsel masih dalam tahap pemulihan ekonomi akibat pandemi covid-19," ungkapnya.

    Baca juga: Angka Kasus DBD di Kulon Progo Naik

    Pihaknya berharap dengan kenaikan UMP ini kehidupan pekerja di Sumsel bisa lebih sejahtera meskipun sedang menghadapi kondisi pandemi covid-19.

    Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumsel, Sumarjono Saragih, mengaku menyesalkan penetapan kenaikan UMP Sumsel. Menurutnya, pemerintah telah mengabaikan Surat Menteri Ketenagakerjaan No 11 dan juga memperberat beban krisis dunia usaha. 

    “Dengan upah yang sekarang saja seharusnya sudah bersyukur karena semua dunia usaha terdampak covid-19,” kata Sumarjono.

    Sumarjono menjelaskan, Surat Keputusan No 602 untuk UMP hanya berlaku kurang 45 hari dan sebuah SK baru Nomor 720 akhirnya menaikan UMP 2021 sebesar 3.33 persen.

    "Kami berharap ada cara lebih bijak dan cerdas sehingga keputusan bahwa UMP 2021 tidak naik atau tetap sama dengan 2020," jelas dia.


    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id