Puluhan Lansia di Kota Malang Jalani Vaksinasi Drive Thru

    Daviq Umar Al Faruq - 01 April 2021 16:37 WIB
    Puluhan Lansia di Kota Malang Jalani Vaksinasi Drive Thru
    Vaksinasi covid-19 secara drive thru untuk lansia di wilayah parkir di Taman Rekreasi Kota (Tareko) Malang, Kamis, 1 April 2021. Dokumentasi/ Humas Pemkot Malang.



    Malang: Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, Jawa Timur, menggelar vaksinasi covid-19 secara drive thru atau layanan tanpa turun (lantatur) untuk masyarakat kelompok lanjut usia (lansia). Vaksinasi drive thru ini digelar bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-107 Kota Malang.

    Wali Kota Malang, Sutiaji, mengatakan pelaksanaan vaksin dengan metode ini bertujuan memudahkan masyarakat terutama para lansia agar lebih nyaman.






    "Drive thru itu bukan hanya kemudahan saja tapi menunjukkan bahwa vaksin itu tidak berbahaya dan tak perlu ditakuti. Jadi selain menujukkan kemudahan kita viralkan bahwa vaksin tidak membahayakan," kata Sutiaji, Kamis, 1 April 2021.

    Baca: Jadi Sarang Narkoba dan Miras, Markas Ormas Pemuda Pancasila di Tangerang Digerebek

    Vaksinasi drive thru ini digelar di wilayah parkir Taman Rekreasi Kota (Tareko) Malang. Sebelum disuntik vaksin, para lansia telah melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui website vaksinlansia.malangkota.go.id.

    Dalam pelaksanaannya para lansia cukup diantarkan dengan menggunakan kendaraan roda 4 atau roda 2. Kemudian pengantar tidak perlu turun dan petugas yang akan menghampiri di masing-masing pos. Mulai dari pos regristasi, skrining kesehatan, penyuntikan, hingga ke meja observasi.

    Melalui vaksinasi kali ini, Sutiaji, mengaku pihaknya ingin menunjukkan bahwa Kota Malang telah siap menerima vaksin. Selain itu juga bahwa masyarakatnya juga memiliki kesadaran tinggi dan tidak takut vaksin.

    "Kami ingin program vaksinasi ini dipercepat; kami akan kerjasamakan dengan Halodoc," ungkapnya.

    Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Husnul Muarif, menjelaskan bahwa vaksinasi drive thru lansia ini sementara hanya digelar di hari ulang tahun Kota Malang di kawasan Mini Block Office. Selanjutnya proses vaksinasi lansia bisa dilakukan di 80 Fasilitas Kesehatan (Faskes) di Kota Malang, baik puskesmas, rumah sakit ataupun klinik.

    "Untuk vaksinasi lansia yang hari ini terbagi dalam sistem drive thru sebanyak 80 kuota. Kemudian, sekitar 220-an berada di RS Lavalette, hari ini juga mulai jam 7 pagi," ujarnya.

    Husnul meminta warga lansia yang tidak terakomodir vaksinasi pada hari ini dapat mendaftar di puskesmas masing masing. "Untuk pelaksanaannya, menyesuaikan dengan dosis atau kuota yang dikirim dari Pusat. Dengan demikian bertahap," ujarnya.

     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id