Pemkot Malang Belum Izinkan Bioskop Beroperasional

    Antara - 23 Oktober 2020 17:43 WIB
    Pemkot Malang Belum Izinkan Bioskop Beroperasional
    Ilustrasi. Medcom.id
    Malang: Pemerintah Kota Malang belum memberikan izin bagi bioskop di Kota Malang, Jawa Timur, untuk kembali beroperasi di tengah pandemi covid-19. Meskipun, persiapan pembukaan sudah dilakukan sejak jauh hari. 

    "Belum (terkait izin pembukaan bioskop), nanti akan kita lihat dulu," kata Wali Kota Malang, Sutiaji, di Kota Malang, Jumat, 23 Oktober 2020.

    Sutiaji menjelaskan, para pelaku usaha bioskop di Kota Malang sudah melakukan uji coba penerapan protokol kesehatan di dalam gedung bioskop. Namun, Pemerintah Kota Malang masih ingin memastikan kemampuan penerapan protokol kesehatan yang disiapkan.

    "Protap dulu sudah siap, dari dua bulan yang lalu kita sudah siap. Tapi kita tidak bisa mencontoh daerah lain. Karena yang lebih tahu di sini kami," terangnya.

    Baca: CGV Bantah Isu Penonton ke Luar Studio Tiap 30 Menit untuk Hirup Udara Segar

    Pemerintah Kota Malang akan menginstruksikan Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) untuk melakukan pengecekan kesiapan gedung bioskop yang ingin kembali beroperasi di tengah pandemi covid-19.

    Sementara itu, Kepala Disporapar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, menguraikan bioskop diizinkan untuk dibuka kembali ketika fasilitas protokol kesehatan pencegahan covid-19 terpenuhi. Namun para pengusaha bioskop harus mengirimkan surat kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Malang.

    "Kalau untuk bioskop memang boleh buka asalkan memenuhi protokol kesehatan. Tetapi ada surat permohonan oleh mereka kepada Dinas kesehatan, kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Malang dahulu," ujar Ida.

    Beberapa hal yang harus dipenuhi untuk kembali beroperasinya bioskop di Kota Malang, antara lain adalah, pengusaha wajib mematuhi protokol kesehatan penanganan covid-19. Seperti menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan, dan alat ukur suhu tubuh.

    Baca: CGV Batasi Usia Penonton Selama PSBB

    Selain itu, pengelola bioskop juga harus memperhatikan jam operasional hingga sistem tempat duduk yang menerapkan physical distancing. Untuk jam operasional tetap dibatasi dari pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB. Selain itu, jumlah penonton yang diperbolehkan maksimal 50 persen dari total kapasitas.

    Saat ini, di Kota Malang, masih masuk dalam kawasan zona oranye covid-19. Ditargetkan, dalam waktu dekat, Kota Malang bisa masuk dalam zona kuning covid-19.


    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id