comscore

RSUD Kota Bekasi Terancam Shut Down

Antonio - 22 Juni 2021 18:06 WIB
RSUD Kota Bekasi Terancam <i>Shut Down</i>
Suasana di RSUD dr Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa 22 Juni 2021. Antonio/Medcom.id
Bekasi: Pelayanan RSUD dr Chasbullah Abdulmadjid, Kota Bekasi, Jawa Barat, terancam berhenti beroperasi jika Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tidak segera membayar hutang sebesar Rp81 miliar. 

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengungkapkan anggaran tersebut diperlukan agar rumah sakit yang merupakan badan layanan usaha daerah (BLUD) itu dapat berlangsung.

 



"Karena kalau enggak dibayarkan, bisa-bisa dua minggu lagi rumah sakit kita shut down nanti. Enggak bisa beroperasi, sementara APBD (anggaran pendapatan dan belanja) kita kan terganggu," kata Rahmat di Bekasi, Selasa, 22 Juni 2021.

Jika satu bulan terus demikian, kata dia, maka RSUD dr Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi tidak dapat beroperasi. Tunggakan tersebut berasal dari November 2020 sampai Juni 2021.

"Ini kan tetep out standing payment yang belum dibayar oleh pihak ketiga kan kepada rumah sakit, lah kan berarti terganggu dong, segitu," tutur Rahmat. 

Rahmat menyatakan kalau pihaknya saat ini tengah berupaya untuk menerima tagihan utang yang belum dibayar tersebut. Pihaknya juga mengirimkan surat tembusan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Lagi upaya ke BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan), ke Menteri kesehatan, terus ke presiden juga kita tembuskan," ucap dia. 

Baca: Tunggakan BPJS dan Kemenkes ke RSUD Kota Bekasi Tembus Rp81 Miliar

Sebelumnya, kata Rahmat mengatakan saat ini pelayanan di RSUD Kota Bekasi sudah mulai terganggu dengan adanya piutang tersebut. Apalagi, nominal piutang mencapai lebih dari setengah anggaran penanganan covid-19 Kota Bekasi. 
 
"Nah itu mulai terganggu, lama-lama kan kering, kalau kering kan "batuk-batuk" nanti," ucap Rahmat.

(SYN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id