Pesawat Perintis Uji Coba Penerbangan Sumenep-Pagerungan

    Rahmatullah - 19 September 2019 08:16 WIB
    Pesawat Perintis Uji Coba Penerbangan Sumenep-Pagerungan
    Bandara Trunojoyo Sumenep. Foto: Medcom.id / Rahmatullah
    Sumenep: Maskapai Susi Air melakukan uji coba penerbangan dari Bandara Trunojoyo, Marengan Daya, Kota sumenep ke Pulau Pagerungan, Kecamatan Sapeken, Sumenep Jawa Timur, Rabu, 18 September 2019. Uji coba tersebut menggunakan pesawat Cessna Grand Caravan.

    Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Indra Triyantono, menerangkan penerbangan tersebut untuk pengenalan rute yang hanya diikuti pilot dan kopilot. Dia menyebut hal itu untuk kepentingan teknis.

    "Ini untuk mengetahu rute yang bakal dilintasi ke depan," jelas Indra.

    Dia menegaskan kru pesawat harus paham ada berapa pulau sepanjang penerbangan yang dilewati, termasuk kondisi alam. Diharap bisa mendarat di mana pun saat terjadi gawat darurat. 

    Jika uji coba dianggap sukses, Indra mengatakan, pekan depan dijadwalkan penerbangan perdana dengan mengangkut penumpang. Rencananya pesawat yang digunakan berkapasitas 10 penumpang tanpa bagasi.

    "Nanti barang bawaan dibatasi, karena hanya diletakkan di kabin," jelasnya.

    Dia berharap rencana tersebut berjalan sesuai harapan. Sehingga warga yang hendak ke Pagerungan hanya perlu menempuh waktu 1 jam dari Bandara Trunojoyo.

    Bandara Pagerungan sebenarnya bandara khusus milik Kangean Energy Indonesia (KEI), salah satu kontraktor kotrak kerja sama (K3S) yang beroperasi di Sumenep. Pemerintah setempat lalu meminta Kemenkeu, SKK Migas dan KEI untuk memanfaatkan bandara tersebut sebagai bandara perintis. 

    Setelah melalui proses panjang, SKK Migas dan KEI menyetujui permintaan pemerintah daerah tersebut. Awal September 2019 ini, Menteri Perhubungan telah mengeluarkan SK tentang perubahan status Bandara Pagerungan dari khusus ke umum. 



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id