Pompa Bergerak Disiagakan Atasi Banjir di Palembang

    Gonti Hadi Wibowo - 07 Januari 2020 19:27 WIB
    Pompa Bergerak Disiagakan Atasi Banjir di Palembang
    ompa Mobile yang disiapkan untuk atasi banjir di Kota Palembang. (Foto: Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo)
    Palembang: Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) VIII Sumatra Selatan Birendrajana menyiapkan dua pompa mobile untuk mengatasi banjir di kota Palembang.

    “Pompa portabel dan pemompaan sungai bendung diharapkan bisa mengoptimalkan dan mempercepat penyedotan genangan air. Terutama di sejumlah titik banjir langganan di Kota Palembang,” kata Birendrajana, Selasa, 7 Januari 2020.

    Birendrajana mengatakan pihaknya telah menyiapkan dua pompa mobile yang ditempatkan di wilayah Kenten dan Kantor BBWS VIII dengan kapasitas hingga 1.000 meter kubik per jam dan 300 meter kubik per jam.

    “Nantinya ketika ada informasi lokasi yang tergenang banjir maka dua pompa mobile itu akan segera dioperasikan," jelasnya.

    Selain itu, ia juga telah membentuk tim satgas sebanyak 33 orang dengan peralatan siaga banjir seperti kawat bronjong sebanyak 3.000 lembar, tenda, mesin speedboat tiga unit, tandu, perahu karet enam unit, eskavator 10 unit, dan baju pelampung 30 buah. 

    “Informasi dari BMKG itu bahwa intensitas hujan tinggi di Sumsel itu akan berlangsung hingga Maret 2020. Kami berharap banjir di sini tidak separah Jakarta," ungkapnya.

    Sementara itu, Wali Kota Palembang Harnojoyo menambahkan pihaknya telah menyiagakan lokasi pemompaan bendung seluas 2.400 hektare dengan kapasitas 6.000 meter kubik per detik untuk mereduksi banjir Daerah Aliran Sungai (DAS) bendung dan mempercepat alirannya ke sungai-sungai. 

    “Kami berharap dengan disiagakannya pompanisasi bendung dapat mengatasi beberapa lokasi langganan banjir di Kota Palembang seperti di kawasan IBA, Talang Aman, Seduduk Putih, Simpang Polda, Sekip dan lainnya,” pungkasnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id