Pembentukan Kabupaten Basemah Ditarget Rampung 2020

    Gonti Hadi Wibowo - 30 November 2019 13:34 WIB
    Pembentukan Kabupaten Basemah Ditarget Rampung 2020
    Suasana rapat antara Gubernur Sumsel Herman Deru dan Presidium Pembentukan Kabupaten Besemah (P2KB) di kantor gubernur beberapa waktu lalu. Dokumentasi/ Istimewa
    Palembang: Ketua Presidium Pembentukan Kabupaten Besemah (P2KB), Asfan Fikri Sanaf, menargetkan pemekeran wilayah Kota Pagaralam dan beberapa kecamatan di Kabupaten Lahat menjadi Kabupaten Basemah akan terwujud pada 2020.

    Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan pertemuan kepada Wali Kota Pagar Alam dan Bupati Lahat.

    "Insyaallah tahun depan Kabupaten Basemah ini bisa dimekarkan," kata Asfan di Palembang, Sabtu, 30 November 2019.

    Asfan mengatakan mekanisme pembentukan Kabupaten Basemah ini harus didahului dengan pembahasan oleh Gubernur Sumsel dan pemilik wilayah yang dalam hal ini Wali Kota Pagar Alam dan Bupati Lahat. 

    Kemudian melakukan studi pemekaran wilayah, melakukan pertemuan dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), dan DPR RI.

    "Kami sudah bertemu dengan Gubernur Sumsel Herman Deru dan beliau setuju pemekerawan wilayah ini dan studi juga telah dilakukan. Kami sebentar lagi bertemu dengan pemimpin wilayah bersangkutan, setelah itu baru kami menghadap Mendagri dan DPR untuk melobi agar Kabupaten Basemah segera terwujud," jelas Asfan.

    Menurut Asfan pemekaran Kabupaten Basemah ini juga untuk mengembalikan topografi Basemah yang sudah ada. Menurutnya sejarah panjang Basemah sejak masa sebelum Indonesia merdeka menjadi bukti bila masyarakat Basemah memiliki sejarah panjang dengan wilayahnya. 

    "Penggabungan ini untuk memudahkan dan memberdayakan Basemah. kabupatennya nanti Tanah Basemah, Ibu kotanya pagaralam. Itu kita marger menjadi Basemah. Jadi di dalamnya itu akan ada 9 kecamatan yakni Jarai, Sukamerindu, Pajar Bulan, Muara Payang, Tanjung Sakti PUMU, Tanjung Sakti PUMI, Kota Agung, Tanjung Tebat Dan Mulak," pungkas Asfan.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id