Bandara YIA Akan Melayani Penerbangan Umrah April 2020

    Patricia Vicka - 07 Oktober 2019 17:59 WIB
    Bandara YIA Akan Melayani Penerbangan Umrah April 2020
    ilustrasi Medcom.id/ Rakhmat Riyandi.
    Sleman: Bandara New Yogyakarta Internatonal (YIA) di Temon Kulonprogo DIY ditargetkan beroperasi secara full pada Maret 2019. Seluruh penerbangan international di Bandara Adisutjipto direncanakan pindah ke YIA pada Maret 2020.

    Bandara YIA selanjutnya akan melayani penerbangan umrah ke tanah suci pada April 2020.

    "April 2020 rencana dari YIA sudah bisa penerbangan umrah," kata Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager YIA Agus Pandu Purnama di Yogyakarta, Senin, 7 Oktober 2019.

    Pandu menjelaskan sejumlah maskapai internasional sudah menawarkan diri untuk membuka rute menuju dan dari tanah Suci. Namun baru satu maskapai yang serius mengurus izin rute penerbangan.

    "Maskapai yang berminat ada Emirates. Mereka berencana membawa pesawat 380 Wide Body untuk umroh di Yogyakarta.  April rencana bisa umroh langsung dari Yogyakarta ke Jedah (Arab)," jelas Pandu.

    Tak hanya melayani umrah, Emirats juga akan membuka sejumlah rute penerbangan ke daerah lain. Selain itu sejumlah maskapai juga telah mengajukan sejumlah rute penerbangan ke luar negeri. 

    Adanya pembukaan rute baru ini diyakini dapat menggairahkan pariwisata di DIY.  Selain itu pengoperationalan Bandara YIA secara full diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan asing di wilayah Jogja, Solo dan Semarang. 

    "Kita yakin kalau YIA beroperasi penuh bisa memecah kunjungan wisata yang biasanya terpusat di Bali dan Lombok," beber Pandu.

    Demi mendukung hal ini, mulai tahun 2020 jam operasional di bandara YIA bakal ditambah dari sebelumnya jam 06.00 hingga 18.00 menjadi 24.00 wib. Saat ini Pandu menjelaskan baru ada dua rute penerbangan international yang mendarat di Yogyakarta. Rute ini menuju Malaysia dan Singapura.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id