BPBD Jepara Ajukan Anggaran Tambahan Pengadaan Air Bersih

    Rhobi Shani - 04 Oktober 2019 15:26 WIB
    BPBD Jepara Ajukan Anggaran Tambahan Pengadaan Air Bersih
    Suplai air bersih untuk warga terdampak musim kemarau di Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.(Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)
    Jepara: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara meminta tambahan anggaran untuk pengadaan air bersih. Permintaan guna mengatasi kekeringan dan krisis air bersih yang terjadi selama musim kemarau.

    "Kami ajukan di (APBD) perubahan sebesar Rp65 juta, tapi belum digedok,” ujar Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Jepara, Jamaludin, Jumat, 4 Oktober 2019.

    Jamal mengatakan sebelumnya Pemerintah Kabupaten Jepara telah meyiapkan anggaran Rp22 juta untuk mengatasi kekeringan. Namun prediksi musim hujan yang terus mundur membuat BPBD kewalahan menyediakan air bersih untuk warga. 

    Usulan anggaran sebesar Rp65 juta pada APBD perubahan 2019, kata Jamal, merupakan usulan tambahan murni untuk pengadaan air bersih. Sedangkan anggaran Rp22 selain untuk air bersih juga untuk alokasi kegiatan yang lain.

    “Karena anggaran di kami sudah habis, saat ini ya bantuan dari masyarakat dan CSR,” imbuhnya.

    Menurut Jamal, anggaran sebesar Rp65 juta akan cukup untuk membeli air bersih sebanyak 200 tangki. Setiap tangki berkapasitas 5.000 liter berkisar antara harga Rp250 ribu hingga Rp300 ribu.

    “Kaitannya dengan kekeringan ini, informasi yang saya terima saat rapat di Semarang, hujan baru turun di wilayah Jepara pada awal Desember,” ucap Jamaludin.

    Ia menambahkan, sampai hari ini suplai air bersih sudah sebanyak 332 tangki dengan jumlah air sebanyak 1,6 juta liter. Jumlah warga Kota Ukir yang terdampak sebanyak 19.378 jiwa.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id