Puluhan Orang di Jatim dalam Pengawasan Terkait Korona

    Amaluddin - 16 Maret 2020 19:33 WIB
    Puluhan Orang di Jatim dalam Pengawasan Terkait Korona
    Ilustrasi-Antara/Mohamad Hamzah
    Surabaya: Sebanyak 33 orang di Jawa Timur berstatus dalam pemantauan dan pengawasan terkait virus korona (covid-19). Namun, belum ada satu pun warga Jawa Timur yang positif korona.

    "Di Jatim aman, tapi ada puluhan orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP)," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur, Herlin Ferliana, Surabaya, Senin, 16 Maret 2020.

    Herlin menjelaskan ada 11 ODP dan 22 PDP. Mereka tersebar di berbagai daerah, antara lain Kota Surabaya, Malang, Sidoarjo, Nganjuk, dan Tulungagung.

    Menurut Herlin, sebagian orang positif korona saat baru balik dari luar negeri dan pernah berinteraksi dengan warga negara asing (WNA) yang terinfeksi covid-19.

    "Mudah-mudahan di Jatim aman terkendali," ucap dia.

    Baca: Pasien Positif Korona Indonesia Bertambah Menjadi 134 Orang

    Herlin mengimbau masyarakat menjaga kesehatan. Masyarakat bisa menjaga kekebalan tubuh dengan mengonsumsi empon-empon, seperti jahe, kunyit, serta temu lawak.

    "Kami juga meminta seluruh Dinkes se-Jatim untuk memantau orang yang baru datang dari negara terjangkit covid-19. Kemudian harus melakukan tracking kepada pasien yang diyatakan positif korona, dan meningkatkan penyuluhan pencegahan covid-19 kepada masyarakat," ujar dia.

    Herlin juga meminta masyarakat segera memeriksakan diri ke rumah sakit jika memiliki gejala virus korona. Dia menjamin seluruh biaya pemeriksaan dan pengobatan ditanggung Pemprov Jawa Timur. 

    "Masyarakat yang ingin memeriksakan diri atau konsultasi kesehatan, bisa menghubungi call center, yang terintegrasi dengan nomor 1500117, 081334367800 (Dinkes Jatim), dan 08124922279 (RSUD dr. Soetomo Surabaya)," ujar dia.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id