Ratusan Warga Memadati Kantor POS Pembagian BLT di Bandung

    Roni Kurniawan - 21 Mei 2020 16:20 WIB
    Ratusan Warga Memadati Kantor POS Pembagian BLT di Bandung
    Warga berkerumun di kantor PT POS, Jalan Cihampelas, untuk mengambil bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah pusat, Kamis, 21 Mei 2020. Medcom.id/ Roni Kurniawan
    Bandung: Ratusan warga di Kecataman Cicendo, Kota Bandung, memadati kantor PT POS yang berada di Jalan Cihampelas untuk menerima bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah pusat, Kamis, 21 Mei 2020. Kepadatan warga terjadi hingga tak terhindarkan saling berdesakan tanpa adanya standar protokol kesehatan.

    Berdasarkan pantauan Medcom.id, ratusan warga telah berdatangan dan memadati kantor PT POS di Jalan Cihampelas untuk mendapatkan BLT sebesar Rp600 ribu. Warga pun rela menunggu lama untuk mendapatkan panggilan dari petugas dengan mencairkan bantuan tersebut dengan membawa surat keterangan sebagai syarat penerima bantuan.

    "Ya buat sehari-hari, buat makan, sama buat belanja baju anak-anak buat lebaran. Dapetnya katanya Rp600 ribu," kata salah seorang warga Cicendo yang menerima BLT, Heni Marlina, di lokasi.

    Baca: Tiga Kecamatan di Batam Masih Bersih dari Covid-19

    Namun Heni mengaku khawatir dengan kondisi di kantor PT POS tersebut karena harus berdesakan dengan warga lain yang menunggu giliran dipanggil. Ia tak bisa berbuat banyak meski telah memakai masker dan menggunakan sarung tangan, tetap harus berdesakan dengan warga lainnya.

    "Sebenarnya takut kalau rame-rame gini, tapi gimana ya saya juga butuh uangnya. Jadi bismillah saja, semoga tidak apa-apa," jelas Heni.

    Hal senada pun diungkapkan Asep Sopiana. Warga Pasirkaliki ini pun harus berdesakan menunggu antrean. Ia berusaha untuk menjaga jarak dengan warga lainnya, meskipun sulit karena halaman kantor PT POS tersebut sudah dipadati oleh ratusan warga.

    "Kita pakai masker dan waspada saja. Sudah satu jam ngantre," kata Asep di tempat yang sama.

    Sementara Yopie selaku petugas Satgas Covid-19 Cicendo mengaku kewalahan mengatur warga agar bisa menjaga jarak guna menghindar penyebaran korona. Ia beberapa kali memberikan imbauan, namun tak digubris oleh warga karena saking padatnya area kantor PT POS tersebut.

    "yang pasti dari aturan, kita sudah terapkan aturan, perjam ada, jam pertama RW sekian sampai sekian. terus juga sudah teriak teriak terkait sosial distancing, tapi warga susah dibendung sampai polsek juga tadi ada, mereka juga sama harus seperti apa, sedangkan bansos ini harus tetap berjalan," ujar Yopie.

    Yopie menuturkan hari ini BLT yang akan diberikan hari ini sebanyak 1.066 kepala keluarga. Pihaknya pun telah membuat sistem pembagian yakni menentukan waktu pembagian terhadap setiap rukun warga.

    "Sebenarnya untuk hari ini dan besok sistemnya sudah dibikin semaksimal mungkin, cuma yang jadi masalah jumlah yang masih membludak, karena setiap jamnya ada 300 sampai 600 orang," pungkas Yopie.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id