Penderita DBD di Nunukan Menurun pada Januari 2020

    Antara - 06 Februari 2020 17:15 WIB
    Penderita DBD di Nunukan Menurun pada Januari 2020
    Ilustrasi seorang ibu menjaga anaknya yang terserang DBD. ANTARA/KornelIs Kaha
    Nunukan: Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara mengklaim jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD) mengalami penurunan pada Januari 2020. Angka perbandingan tersebut diambil dari Januari 2019, yakni dari 40 kasus menjadi 34 kasus.

    "Tercatat penderita penyakit DBD di Kabupaten Nunukan pada Januari 2020 menurun dibandingkan pada bulan yang sama pada 2019," kata Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Nunukan, Irmayanti, saat dikonfirmasi, Kamis, 6 Februari 2020.

    Irmayanti menjelaskan penurunan ini menandakan jumlah penderita penyakit DBD pada bulan yang sama mengalami penurunan. Penurunan penderita penyakit DBD di daerah itu, disebabkan oleh langkah antisipasi yang dilakukan oleh Pemkab Nunukan sejak November 2019 dengan melakukan PSM setiap bulan.

    Irmayanti kembali mengatakan pada umumnya penyebab penyakit DBD di Kabupaten Nunukan karena rata-rata warga setempat menggunakan penampungan air. Penampungan air inilah yang menjadi tempat bersarangnya nyamuk ditambah kondisi lingkungan juga yang kurang bersih.

    "Penggunaan penampungan air inilah sebagai penyebabnya sehingga langkah PSM oleh Dinas Kesehatan setempat dinilai cukup efektif menurunkan angka penderita penyakit DBD," pungkas Irmayanti.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id