Rumah Sakit Rujukan Korona di DIY Jadi 25

    Ahmad Mustaqim - 20 Maret 2020 19:54 WIB
    Rumah Sakit Rujukan Korona di DIY Jadi 25
    ilustrasi Medcom.id
    Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menambah daftar rumah sakit rujukan untuk antisipasi penanganan penyebaran wabah virus korona covid-19. Dari sejumlah hanya empat rumah sakit, kini menjadi 25.

    Juru bicara Pemerintah DIY untuk Penanganan covid-19, Berty Murtiningsih, mengatakan penambahan jumlah rumah sakit rujukan ini merata di kabupaten dan kota. Semula, rumah sakit rujukan hanya ada RSUP Dr Sardjito (Sleman), RSUD Kota Yogyakarta, RSUD Panembahan Senopati (Bantul), dan RSUD Wates (Kulon Progo). 

    "Totalnya saat ini ada 25 RS Rujukan Covid-19 di DIY, terdiri dari empat RS dengan SK Menkes dan 21 RS sedang proses dengan SK Gubernur," kata Berty dihubungi, Jumat, 20 Maret 2020. 

    Ia merinci, ada sebanyak tujuh rumah sakit rujukan di Kota Yogyakarta. Tujuh rumah sakit itu yakni RSUD Kota Yogyakarta, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta,  RS Panti Rapih, RS Bethesda, RS Pratama, RS Siloam, dan RS DKT Dr Soetarto. 

    Adapun di Sleman ada penambahan sembilan rumah sakit rujukan setelah sebelumnya hanya RSUP Dr Sardjito. Dengan demikian, ada 10 rumah sakit rujukan di Sleman, yakni RSUP Dr Sardjito, RSUD Sleman, RSUD Prambanan, RS Jogja International Hospital (JIH), RS Panti Rini, RS Sakina Idaman, RS PKU Muhammadiyah Gamping, RS Bhayangkara Polda DIY, RS Akademik UGM, dan RS Hermina. 

    Di Kabupaten Bantul kini ada empat rumah sakit rujukan. Di antaranya RSUD Panembahan Senopati, RSPAU Dr.  Hardjolukito, RS Santa Elizabeth, dan RS PKU Muhammadiyah Bantul

    Adapun di Kulon Progo terdapat dua rumah sakit rujukan, yakni RSUD Wates dan RSUD Nyi Ageng Serang. Sementara, rumah sakit rujukan di Gunungkidul yakni RSUD Wonosari dan RS Panti Rahayu. 

    Data terkini, ada sebanyak 56 pasien yang diperiksa diduga terjangkit virus korona di DIY. Dari jumlah itu, 18 pasien dinyatakan negatif, tiga pasien positif, satu pasien sembuh, 33 menunggu hasil uji lab, dan satu meninggal. 



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id