Seorang Ibu Melahirkan di Atas Jembatan Merah Putih Ambon

    Hamdi Jempot - 25 April 2017 10:49 WIB
    Seorang Ibu Melahirkan di Atas Jembatan Merah Putih Ambon
    Ilustrasi



    medcom.id, Ambon: Seorang ibu melahirkan di atas Jembatan Merah Putih (JMP), Ambon, Maluku, dini hari tadi sekira pukul 03.30 WIT. Zarbia Haupea, 30, terpaksa melahirkan di atas jembatan yang membetang di Teluk Ambon itu karena kondisinya tidak memungkinkan lagi untuk dibawa ke rumah sakit.

    Zarbia awalnya menumpang ojek dari tempat tinggalnya di Desa Poka menuju ke rumah sakit untuk melahirkan. Saat berada di JMP, pengemudi ojek menurunkan Zahria karena kondisinya sudah mau melahirkan. Pengemudi ojek pun meninggalkannya sendirian.






    Saat berjuang antara hidup dan mati untuk melahirkan anaknya seorang diri di bawah rintik hujan, datang Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Sucahyo Hadi. Saat itu, Kapolres bersama anggotanya sedang berpatroli dalam rangka Operasi Merah Putih Siwalima 2017 sebagai antisipasi HUT Republik Maluku Selatan atau RMS adalah sebuah republik di Kepulauan Maluku yan pada 25 April.

    "Kami temukan ibu tersebut sedang berjuang melahirkan bayinya sambil memegang pembatas JMP. Kebetulan, saya bersama sejumlah polwan melintas. Kami pun memberikan pertolongan di tempat, karena tidak mungkin lagi dibawa ke rumah sakit. Alhamdulillah, melahirkan normal. Ibunya selamat, anaknya juga sehat dan berjenis kelamin perempuan," kata Sucahyo di Ambon, Maluku, Selasa, 25 April 2017.

    Sucahyo menjelaskan, Zarbia dan bayinya segera dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Maluku begitu melahirkan. Di sana, Zarbia dan bayinya mendapatkan penanganan medis.

    "Setelah itu, saya pergi untuk membeli perlengkapan bayi, seperti pakian sabun mandi, dan kebutuhan lainnya. Karena ibu ini tidak bawaapa-apa, termasuk pakaian bayi. Saya bilang ke petugas rumah sakit, saya bertanggungjawab semua, termasuk biaya rumah sakit," lanjut Sucahyo.

    Kepada polisi, Zarbia mengaku sebagai pegawai Puskesmas Waplau, Kabupaten Buru. Hingga kini, Zarbia tidak tahu kenapaditurunkan tukang ojek di tengah JMP. Ia pergi sendiri ke rumah sakit untuk melahorkan karena suaminya sedang berada di luar kota.

    (NIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id