comscore

Modus Ganjal ATM, Rp3 Juta Milik Nasabah Raib

Hendrik Simorangkir - 16 Juni 2022 13:26 WIB
Modus Ganjal ATM, Rp3 Juta Milik Nasabah Raib
Ilustrasi
Tangerang: Polsek Balaraja meringkus komplotan pencuri bermodus ganjal ATM yang beraksi di Bank Mandiri di Jalan Raya Kresek Kampung Kebon Kalapa, Desa Parahu, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang. Satu dari tiga pelaku berhasil ditangkap setelah menguras salah satu rekening korban pada Rabu, 15 Juni 2022.

Kanit Reskrim Iptu Iwan Wahyudi mengatakan, pencurian dengan modus ganjal ATM dilakukan komplotan itu terdiri atas tiga pelaku yang memiliki peran masing-masing. 
"Kami menangkap satu pelaku berinisial AG, 32, warga Oku Selatan, Sumatra Selatan, lantaran tindak kekerasan pencurian dengan modus ganjal ATM," ujarnya, Kamis, 16 Juni 2022.

Iwan menuturkan, modus pelaku dalam beraksi menggunakan plastik kecil yang diganjalkan di mesin ATM yang menjadi targetnya. Pelaku berhasil memperoleh satu kartu ATM dari korban berinisial SM. 

Baca juga: Lagi, 2 Pegawai BNI Makassar Tersangka Pembobolan Dana Deposito

"Pelaku mengarahkan korban untuk mencoba memasukan kata sandi ATM tetapi tidak berhasil, setelah korban pergi pelaku mengambil kartu ATM korban yang tertelan dengan cara membuka mesin itu," jelasnya.

Iwan menjelaskan, SM yang menjadi korban pencurian dengan modus ganjal ATM yang dilakukan tiga orang itu mengaku uangnya telah hilang.

"Korban mengaku mengalami kerugian sebesar Rp3 juta," ucap dia.

Berkat kamera pengintai atau CCTV, Iwan menambahkan, pihaknya berhasil mengindentifikasi para pelaku. Dari tiga pelaku yang beraksi, polisi telah menangkap satu orang.

"Dua orang lainnya masih dilakukan pengembangan dan pengejaran. Dalam satu kelompok mereka mempunyai peran masing-masing saat menjalankan aksi," terangnya.

Akibat perbuatannya, pelaku akan dijerat Pasal 363 KUHP, tentang pencurian dengan pemberatan dengan hukuman di atas lima tahun penjara.


(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id