comscore

Banjir Rob Surut, Pelabuhan Tanjung Emas Kembali Bongkar Muat Peti Kemas

Mustholih - 24 Mei 2022 16:52 WIB
Banjir Rob Surut, Pelabuhan Tanjung Emas Kembali Bongkar Muat Peti Kemas
Foto udara kondisi banjir limpasan air laut ke daratan atau rob yang merendam kawasan Terminal Petikemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022). . ANTARA FOTO/Aji Styawan/rwa.
Semarang: Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, kembali melakukan aktivitas bongkar muat peti kemas setelah terhenti akibat banjir rob setinggi 1,5 meter. Aktivitas bongkar muat peti kemas mulai dilakukan pukul 11.00 WIB.

"Setelah sempat berhenti beroperasi selama kurang lebih 21 jam akibat banjir air rob di Pelabuhan, Terminal Peti Kemas Semarang kembali melakukan aktivitas bongkar muat mulai tepat pukul 11:00 WIB," kata General Manager TPK Semarang, I Nyoman Sudhiarta, dalam keterangan pers, Semarang, Jateng, Selasa, 24 Mei 2022.
Menurut Nyoman, bongkar muat di pelabuhan pertama kali dilakukan terhadap kapal MV. SITC Shekou yang akan bertolak menuju Terminal Petikemas Surabaya, Pelabuhan Tanjung Perak.

"Operasional TPK Semarang sudah berjalan, kondisi dermaga dan lapangan penumpukan relatif kering, kami sudah bisa melayani kegiatan bongkar muat, ada tiga kapal yang sudah di dermaga, yakni MV. SITC Shekou, MV. Uni Premiere, dan MV. Intan Daya 8," ujar Nyoman.

Baca: Banjir Rob Lumpuhkan Akses Masuk ke Pelabuhan Tanjung Emas

Banjir rob melanda di Pelabuhan Tanjung Emas akibat tanggul jebol. Sebanyak 500-an peti kemas di Pelabuhan Tanjung Emas tergenang air dan aktivitas bongkar muat berhenti sementara.

Guna mengendalikan terjangan banjir rob, Pelabuhan Tanjung Emas mengeluarkan 3.600 karung pasir untuk menutup tanggul jebol. Menurut General Manager Pelabuhan Tanjung Emas, Hardianto, ratusan karung pasir itu digunakan untuk menambal tanggul jebol milik PT Lamicitra yang berada di area Pelabuhan Tanjung Emas.

"Langkah cepat harus kita lakukan agar dampak dari banjir rob ini tidak meluas salah satunya adalah dengan memperbaiki tanggul yang jebol. Mami berpacu dengan waktu untuk menanggulangi masalah ini agar gelombang pasang tidak kembali membawa rob,” ujar Hardianto.

Menurut Hardianto, pelabuhan Tanjung Emas sudah melakukan upaya pencegahan banjir dengan peninggian dan penguatan dermaga, leveling container yard, dan penambahan pompa air.

Sebagai upaya jangka panjang mengantisipasi banjir, Pelabuhan Tanjung Emas akan membuat saluran-saluran air baru, melakukan peninggian jalan, serta peninggian dan penguatan area dermaga.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id