comscore

82 Warga Tasikmalaya Keracunan Nasi Kotak, 1 Orang Meninggal

Media Indonesia - 22 Januari 2022 15:50 WIB
82 Warga Tasikmalaya Keracunan Nasi Kotak, 1 Orang Meninggal
Ilustrasi Medcom.id
Tasikmalaya: Jeje, 74, warga Kampung Sukaparan, Desa, Kecamatan Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya, meninggal saat menjalani perawatan intensif di Puskesmas bersama 82 orang lainnya. Mereka keracunan usai menyantap nasi kotak dalam syukuran khitanan salah satu warga.

Camat Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya, Uu Saeful Uyun mengatakan, pihaknya telah mendapat laporan dari petugas kesehatan di Puskesmas ada 59 orang warga di Kampung Sukaparan mengalami keracunan massal usai makan nasi kotak. Namun, jumlahnya terus bertambah hingga total keseluruhan menjadi 82 orang salah satunya meninggal pada Jumat, 21 Januari sekitar pukul 17.30 WIB.
"Warga Kampung Sukaparan yang mengalami keracunan makan nasi kotak tersebut terjadi pada Kamis siang, di mana mereka menghadiri undangan syukuran sunatan anak tetangganya dan sore harinya itu satu persatu warga datang ke Puskesmas dengan keluhan mengalami pusing, mual, muntah, diare hingga dehidrasi," kata Saeful, Sabtu, 22 Januari 2022.

Baca: 74 Warga Cijaku Lebak Diduga Keracunan Makanan

Ia mengatakan, petugas kesehatan langsung bergerak dan melakukan perawatan intensif di setiap ruang Puskesmas dengan memasang infus di tangannya hingga sebagian warga ada di ruangan Kepala Puskesmas. Namun, salah seorang warga bernama Jeje, 74, meninggal dunia dalam perawatan intensif.

"Untuk pasien yang mengalami keracunan itu dari mereka mengaku telah makan nasi kotak yang disiapkan dalam syukuran sunatan anak tetangganya dan mereka membawa pulang ke rumahnya. Namun, dari dalam nasi kotak yang disiapkannya berisikan nasi, semur kentang, goreng ikan, telur, mie goreng dan sambel tapi sore sampai malam banyak warga mengalami pusing, mual, muntah dan diare," ujarnya.

Menurutnya, keracunan massal yang terjadi di Kampung Sukaparan secara bertahap korban sudah pulang ke rumahnya dan sekarang ini tinggal sisa empat orang masih mendapatkan perawatan dan kondisinya sekarang ini sudah membaik. Korban meninggal sudah dimakamkan.

"Kami turut berduka cita atas meninggalnya Jeje, dan beliau juga korban keracunan tetapi selama ini keluarga membenarkan selama itu memiliki komplikasi berbagai penyakit. Akan tetapi, keracunan yang telah terjadi petugas juga sudah mengambil sample sisa makanan, muntahan dan kotoran pasien karena semua itu telah dikirim ke Labolatorium Bandung," paparnya.

(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id