comscore

1 Pasien Positif Omicron di Sukoharjo Tak Memiliki Riwayat dari Luar Negeri

Triawati Prihatsari - 21 Januari 2022 23:45 WIB
1 Pasien Positif Omicron di Sukoharjo Tak Memiliki Riwayat dari Luar Negeri
Ilustrasi Medcom.id
Sukoharjo: Pemerintah Daerah (Pemda) Sukoharjo Jawa Tengah mendeteksi adanya kasus covid-19 varian omicron mulai masuk ke kota tekstil tersebut. Diketahui satu warga Sukoharjo terpapar omicron berdasarkan Whole Genome Sequencing (WGS).

"Tapi kasusnya sudah terjadi Desember 2021 lalu. Dan sekarang pasien tersebut sudah dinyatakan sembuh atau negatif," terang Plt Kepala Dinas Kesehatan Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, di Sukoharjo, Jumat, 21 Januari 2022.

 



Diakuinya, kasus omicron warga Sukoharjo tersebut baru diketahui setelah hasil WGS keluar Jumat ini, 21 Januari 2022. Hasil laboratorium keluar melalui pengetesan sampel di Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Jateng. 

Baca: Dinkes Tangsel Catat 97 Orang Positif Covid-19 Terindikasi Varian Omicron

Dia memastikan warga terpapar omicron tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri. Namun dia mengakui warga tersebut memiliki riwayat perjalanan dalam negeri dari wilayah yang sudah terkonfirmasi omicron.

"Tapi kasus ini sudah lampau (Desember 2021), dimana hasil WGSnya baru keluar hari ini. Dan pasien saat ini sudah dinyatakan sembuh. Awalnya terdeteksi satu warga tersebut positif covid-19 dan langsung dilakukan tracing pada dua orang kontak erat," bebernya.

Dari hasil tracing dan tes PCR, diketahui dua orang kontak erat tersebut negatif. Dia menambahkan, Dinkes Sukoharjo selalu melakukan cycle threshold (Ct) jika menemukan kasus positif di Sukoharjo dengan kriteria melakukan perjalanan dari wilayah beresiko omicron.

Jika hasil Ct kurang dari 30 maka akan dilanjutkan dengan mengirimkan sampel WGSnya. Selain satu warga tersebut, dia memastikan belum ada kasus omicron lain terdeteksi di wilayah Sukoharjo.

"Sampai saat ini hanya satu warga tersebut, selama ini hasilnya Delta," ungkapnya. 

(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id