Gubernur Pertama Papua Barat Wafat

    Antara - 20 September 2019 09:28 WIB
    Gubernur Pertama Papua Barat Wafat
    Gubernur Papua Barat Abraham Octavianus Atururi. Foto: ANT/Widodo S. Jusuf
    Manokwari: Mantan Gubernur Provinsi Papua Barat, Abraham Octavianus Atururi, wafat di Manokwari, Papua Barat, Jumat, 20 September 2019, dini hari. Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani mengatakan Abraham merupakan gubernur pertama Papua Barat dan salah satu putera terbaik Bumi Cenderawasih. 

    "Kita semua berduka, kami kehilangan sosok terbaik. Semua orang di Papua Barat akan mengenang jasa-jasa beliau," kata Lakotani, di Manokwari, Jumat, 20 September 2019. 

    Dia menerangkan Pemprov Papua Barat sedang berkoordinasi dengan pihak keluarga soal pemakaman Abraham. Ia berharap upacara pemakaman bisa diambil alih pemerintah provinsi, bisa dilaksanakan melalui proses kenegaraan. 

    "Tentu akan kami lakukan dengan prosesi kenegaraan. Beliau tidak hanya tokoh tapi juga pejuang bagi masyarakat Papua Barat," ujarnya.

    Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Papua Barat, Melkias Werinussa, mengatakan, Abraham meninggal di Rumah Sakit Dr Azhar Zahir TNI Angkatan Laut Manokwari pada Jumat dini hari. Dia mengaku mengetahui kondisi Abraham kritis sejak Kamis, 19 September 2019. 

    "Malamnya baru kami bisa ke rumah sakit. Bapak Bram meninggal sekitar pukul 00:15 WIT," kata Melkias.

    Jenazah Abraham disemayamkan di rumah duka di Jalan Taman Ria Rendani Manokwari. Melkias tengah mengupayakan agar Atururi dapat dimakamkan di Taman Makam Pahlawan.

    Atururi menjabat gubernur Papua Barat dua periode pada 2006-2011 dan 2012-2017. Atururi dikenal sebagai tokoh pemekaran dan pencetus pembangunan di Papua Barat. 



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id