Pemkab Banyumas Target Pilkades Serentak 2021 Gunakan E-Voting

    Antara - 04 Juli 2019 12:41 WIB
    Pemkab Banyumas Target Pilkades Serentak 2021 Gunakan <i>E-Voting</i>
    Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
    Purwokerto: Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menargetkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021 menggunakan electronic voting (e-voting). Segala kebutuhan untuk penerapan e-voting tersebut masih dipersiapkan.

    "Untuk Pilkades Serentak 2019 pada tanggal 23 Juli masih menggunakan cara manual karena memang secara regulasi kita belum mengarah ke e-voting," kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kerja Sama Sekretariat Daerah Banyumas Djoko Setiono di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis, 4 Juli 2019.

    Djoko menjelaskan saat ini persiapan sarana dan prasarananya belum mengarah ke sana, kemudian sumber daya manusia (SDM), khususnya masyarakat perlu diberi edukasi, sosialisasi, serta pencerahan tentang bagaimana tata cara e-voting dan sebagainya.

    Menurut Djoko, para calon kepala desa pun harus benar-benar memahami mekanisme pilkades menggunakan e-voting.

    Oleh karena itu pihaknya menargetkan e-voting pada Pilkades Serentak 2021. Jika pilkades tahun ini berjalan lancar, tidak ada kendala dan tidak ada kades yang diberhentikan, baik karena meninggal maupun sebab lain, maka pilkades pada 2021 akan diselenggarakan di 15 desa.

    Terkait dengan Pilkades Serentak 2019, Djoko mengatakan bahwa pesta demokrasi tersebut akan digelar di 257 desa atau berkurang 10 dari 267 desa yang sebelumnya direncanakan akan melaksanakan pilkades.

    "Di dalam peraturannya, seorang kepala desa melaksanakan jabatannya selama 6 tahun yang terhitung sejak dilantik. Dari 10 kepala desa (yang memilih tidak mengikuti Pilkades Serentak 2019) ini tentu memiliki hak, apakah akan ikut pada tanggal 23 Juli atau mau menyelesaikan sampai akhir masa jabatan," pungkas Djoko.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id