Badai Phanfone Ancam Banten

    Hendrik Simorangkir - 29 Desember 2019 13:27 WIB
    Badai Phanfone Ancam Banten
    Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Nyoman Budhiana)



    Tangerang: Badai phanfone diprediksi menerjang wilayah Banten jelang malam pergantian tahun. Badai ini akan terjadi bersamaan dengan hujan deras disertai angin kencang, kilat dan petir.

    Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Serang, Trias Asmarahadi, mengatakan, kendati dapat memicu cuaca ekstrem, namun kekuatan badai phanfone cenderung lebih lemah ketimbang badai super haiyan yang menewaskan 7.300 jiwa pada 2013.

     



    "Hujan lebat (badai phanfone) disertai angin kencang, kilat dan petir akan terjadi di sebagian besar Banten, Sumatera, Jabar, Jatim, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan hingga Papua," ujarnya, Minggu, 29 Desember 2019.

    Selain hujan ekstrem, pihaknya juga memberikan peringatan dini kepada masyarakat, terutama yang beraktivitas di pesisir Banten, akan potensi gelombang tinggi hingga empat meter.

    "Gelombang tinggi hingga empat meter ada di (perairan) Samudera Hindia, Selatan Jawa hingga Lombok," katanya.

    Menurut Trias, gelombang tinggi disebabkan angin dengan kecepatan mencapai 20 knot di wilayah Indonesia bagian utara dan 16 knot di wilayah selatan Indonesia. Gelombang setinggi 2,5 meter pun diprediksi menerjang wilayah Selat Sunda.

    Guna meminimalisasi jatuhnya korban, BMKG meminta masyarakat mengurangi aktivitas dan berhati-hati di pesisir pantai Banten. 

    "Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar wilayah berpeluang terjadi gelombang tinggi, agar tetap selalu waspada," jelasnya. 

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id