Ricuh Tamansari, Wali Kota Bandung Minta Maaf

    Roni Kurniawan - 14 Desember 2019 15:49 WIB
    Ricuh Tamansari, Wali Kota Bandung Minta Maaf
    Wali Kota Bandung, Oded M Danial. Foto: medcom.id/Roni k
    Bandung: Wali Kota Bandung, Oded M Danial, menyampaikan permintaan maaf atas kericuhan saat penertiban bangunan di RW 11 Kelurahan Tamansari, Bandung, Jawa Barat, pada Rabu, 12 Desember 2019. Oded mendukung kepolisian mengusut otak dibalik kerusuhan tersebut.

    Oded menerangkan terdapat beberapa korban pelemparan dan tindak kekerasan saat penertiban bangunan di Tamansari. Laporan Polrestabes Bandung, anggota Satpol PP dan polisi mendapat kekerasan dan pelemparan.

    "Saya atas nama Pemerintah Kota Bandung menyampaikan permohonan maaf terhadap pihak yang merasa terganggu atas proses pengamanan aset. Kita sebagai Pemkot Bandung tidak mentoleransi segala bentuk kekerasan," kata Oded di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Sabtu, 14 Desember 2019.

    Oded menuturkan telah melakukan mediasi dengan warga Tamansari selama dua tahun terkait program pembangunan rumah deret. Sebanyak 176 kepala keluarga telah menyetujui program tersebut dan direlokasi sementara ke rumah susun Rancacili atau diberikan kompensasi uang untuk menyewa rumah.

    Namun terdapat enam kelapa keluarga yang berjumlah 24 sampai 30 jiwa masih belum menyetujui tawaran Pemkot Bandung. Oded menduga warga yang menolak karena pengaruh dari pihak luar.

    "Setelah ada laporan dari Pak Kapolres, bahwa mereka yang ikut rusuh kemarin bukan merupakan warga sekitar. Kami sebenarnya sudah menjalankan sesuai dengan prosedur, karena lahan itu milik Pemerintah Kota Bandung," tegas Oded.

    Dia berharap tidak terjadi lagi kericuhan serupa di Tamansari. Terlebih penertiban aset sebagai upaya Pemkot Bandung membangun rumah deret.

    "Kita ingin menyejahterakan masyarakat, penataan pembangunan rumah yang berada di tanah milik Pemkot Bandung agar lebih baik dan lebih layak. Saya harapkan, mudah-mudahan kita mengambil pelajaran dari ini," pungkas Oded.

    Kericuhan saat Pemkot Bandung menertibkan bangunan di RW 11 Kelurahan Tamansari pada Rabu 12 Desember. Bentrokan terjadi antara warga serta kelompok yang mempertahankan Tamansari dengan petugas dari Satpol PP, TNI dan Polri.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id