Kerugian Akibat Bencana Banjir di Barru Rp7,8 Miliar

    Muhammad Syawaluddin - 13 Januari 2020 16:03 WIB
    Kerugian Akibat Bencana Banjir di Barru Rp7,8 Miliar
    Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, saat berkunjung ke Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Senin, 13 Januari 2020. Medcom.id/ Muhammad Syawaluddin
    Makassar: Banjir yang merendam Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan menyebabkan kerugian yang cukup besar. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barru mencatat kerugian akibat banjir mencapai Rp7,8 miliar.

    Plt Kepala BPBD Barru, Nasriah Majid mengatakan bahwa dari empat kecamatan yang terdampak banjir. Ada sejumlah fasilitas umum yang mengalami kerusakan parah sehingga menyebabkan kerugian yang cukup besar.

    "Estimasi kerugian  total Kerugian Rp7.8 miliar," kata Nasriah di Makassar, Senin, 13 Januari 2020.

    Nasriah menjelaskan jumlah tersebut hasil akumulasi dari kerusakan yang terjadi di empat kecamatan. Nasriyah menyebut kerusakan tersebut yakni
    tanggul di Kelurahan Sungai Binangae, Kecamatan Barru, Pasar Takkalasi Kecamatan Balusu, Pasar Ajakkang, dan Jembatan Gantung Kiru-kiru.

    Selain itu Ruas jalan yang menghubungkan Desa Lawallu dan Tanrabalana yang terletak di Kecamatan Soppeng Riaja. "ada 4 kecamatan dia Kabupaten Barru yang terdampak banjir. Berbagai fasilitas umum rusak," ungkapnya.

    Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah yang turun langsung meninjau daerah banjir langsung memerintahkan kepada Bupati Barru, agar melakukan koordinasi dengan Pemprov Sulsel untuk bantuan dalam bentuk keuangan. Agar permasalahan bisa segera diselesaikan.

    "Mohon Bagian Keuangan di Barru untuk koordinasi dengan Bagian Keuangan di Pemprov," katanya saat memantau di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

    Mantan Bupati Bantaeng dua periode tersebut juga meminta kepada Bupati Barru agar segera melakukan langkah-langkah dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat yang terkena dampak banjir. Nurdin ingin pemerintah baik itu provinsi maupun kabupaten hadir dalam mengatasi permasalahan ini.

    "Saya berharap Pak Bupati segera melakukan langkah-langkah supaya diketahui bahwa pemerintah hadir untuk masyarakat kita," harapnya.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id