Polisi Perbaiki Berkas Mak Susi Setelah Dikembalikan Kejati

    Amaluddin - 07 Oktober 2019 18:45 WIB
    Polisi Perbaiki Berkas Mak Susi Setelah Dikembalikan Kejati
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Surabaya: Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur melengkapi berkas dua tersangka insiden di Asrama Mahasiswa Papua (AMP) di Surabaya, Tri Susanti alias Mak Susi dan Syamsul Arifin. Perbaikan dilakukan atas petunjuk Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim.

    "Sekarang berkasnya masih dilengkapi oleh penyidik," kata Kasubdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim, AKBP Cecep Susatya saat dikonfirmasi, Senin, 7 Oktober 2019.

    Cecep tidak mengatakan kapan berkas kedua tersangka itu dikembalikan oleh Kejati ke penyidik Polda Jatim. Kata Cecep berkas tersebut dikembalikan lantaran ada keterangan saksi yang belum lengkap.

    "Kami tambahi beberapa keterangan saksi tambahan yang kurang, sehingga kami perbaiki dulu," jelas Cecep.

    Meski demikian Cecep memastikan berkas tersebut akan segera rampung. Cecep menarget berkas untuk kedua tersangka itu, akan dikirim ke Kejati Jatim pekan depan. "Insya Allah minggu depan dikirim ke Kejati. Ini sudah mau selesai," ungkap Cecep.

    Dua berkas tersebut milik koordinator aksi di AMP di Surabaya, Tri Susanti alias Mak Susi dan pegawai kecamatan, Syamsul Arifin. Mak Susi menjadi tersangka penyebaran hoaks dan ujaran kebencian, sedangkan Syamsul sebagai tersangka ujaran rasialisme.

    Tri Susanti alias Mak Susi dijerat pasal berlapis, di antaranya Pasal 45A ayat 2 juncto Pasal 28 ayat2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Pasal 4 UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan atau Pasal 160 KUHP dan atau Pasal 14 ayat 1 dan atau ayat 2 dan atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

    Sementara Samsul Arifin yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Surabaya, dijerat Pasal 4 UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id