comscore

Kopi Saset Mengandung Obat Kuat Masih Marak di Aceh

Antara - 06 Agustus 2022 09:26 WIB
Kopi Saset Mengandung Obat Kuat Masih Marak di Aceh
Ilustrasi--Barista meracik kopi saring untuk pelanggan di sebuah warung kopi di Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Senin (25/4/2016). (ANTARA FOTO/Rahmad)
Banda Aceh: Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Banda Aceh menyatakan pihaknya masih menemukan kopi saset yang dijual di daerah itu mengandung bahan berbahaya berupa obat-obatan.

“Kopi instan yang saset itu masih kita temukan mengandung bahan kimia obat, bahkan ada obat kuat,” kata Kepala BBPOM Banda Aceh Yudi Noviandi, Jumat, 5 Agustus 2022.
Yudi menjelaskan Aceh belum terbebas dari penggunaan bahan berbahaya pada makanan, terutama boraks. 

Beberapa makanan yang masih didapati mengandung boraks seperti mi, bakso, ketupat, kerupuk tempe, nasi buras, lontong, hingga siomay. 

Sedangkan untuk kopi, kata Yudi, kopi Aceh umumnya terbebas dari bahan berbahaya, kecuali kopi instan atau kopi saset yang masih mengandung bahan kimia obat-obatan, mulai dari obat kuat, obat tradisional ilegal, hingga paracetamol.

“Itu nanti akan kita rekomendasi untuk dicabut dari warung tersebut, kopi saset itu,” ujar dia.
 
Baca juga: 7.536 Kosmetik Ilegal Berbahaya di Sumsel Disita

"Sedangkan kopi sareng Aceh, hasil pengawasan kita selama ini aman, data kita yang menyatakan kopi Aceh itu aman," lanjut Yudi.

BPPOM pun mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam mengonsumsi kopi saset yang mengandung bahan berbahaya obat-obatan tersebut.

Di samping itu, BPPOM di Banda Aceh juga memiliki program pengujian bahan berbahaya di 1.000 warung kopi seluruh Aceh, untuk mendeteksi apakah makanan yang jual mengandung bahan berbahaya atau tidak.

Kata Yudi, tes cepat deteksi boraks itu dilakukan khusus terhadap makanan yang dijual di setiap warung kopi.

Tujuannya menciptakan rasa aman dari masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Aceh saat menyantap makanan yang dijual di setiap warung kopi.

“Warung kopi yang telah diintervensi akan diberi tanda stiker Sanger Ureung Aceh, bahwa warung kopi ini sudah dinyatakan aman dikunjungi dan dikonsumsi,” jelasnya.

(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id