comscore

300 Unit Relokasi Erupsi Semeru Ditarget Rampung Sebelum Lebaran

Daviq Umar Al Faruq - 08 April 2022 17:59 WIB
300 Unit Relokasi Erupsi Semeru Ditarget Rampung Sebelum Lebaran
Ilustrasi pemulihan bencana erupsi Gunung Semeru. Dokumentasi/ Kominfo Lumajang
Lumajang: Target prioritas pemerintah Kabupaten Lumajang dalam pembangunan hunian di tempat relokasi Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, menyambungkan bangunan hunian tetap (huntap) dan hunian sementara (huntara).

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, mengatakan jumlah yang sedang dibangun ada 473 unit.
"Prioritas kemarin yang terhitung kita bisa mampu dalam waktu satu minggu setengah ini 300 unit lebih, kalau sudah sambung antara huntap dan huntara yang satu blok nantinya akan segera kita lakukan launching atau serah terima huntap dan huntara kepada masyarakat yang terdampak erupsi, terutama yang masih ditempat pengungsian atau di tenda-tenda," kata Thoriqul dalam keterangan pers, Jumat, 8 April 2022.

Baca: Status Transisi Darurat ke Pemulihan Bencana Erupsi Gunung Semeru Diperpanjang

Sementara Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, M. Arum Sabil, dalam laporannya menjelaskan saat ini Kwarda Pramuka Jawa Timur akan melanjutkan pembangunan huntara untuk masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Ditahap pertama, sejumlah 19 unit huntara telah diselesaikan pembangunannya oleh Kwarda Pramuka Jatim, kemudian ditahap kedua, akan dilakukan pembangunan 10 unit huntara yang saat ini sudah masuk dalam proses pengerjaan,” jelasnya.

Sebelumnya Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meminta kepada Bupati Lumajang untuk mendukung kelancaran proses bersih-bersih dan merapikan seluruh lingkungan sekitar, serta fasilitas pendukung di huntap dan huntara sebelum peresmian maupun proses dihuni oleh masyarakat yang terdampak erupsi. Ia pun meminta agar bisa dilakukan kerja bakti dalam format cash for work.

“Saya sampaikan kepada Pak Bupati ini bisa masuk kategori cash for work atau padat karya, sehingga mereka (warga terdampak erupsi semeru) yang bekerja membersihkan sisa-sisa pembangunan nanti juga mendapatkan upah,” katanya saat meninjau Pembangunan Huntara Tahap Dua Kwarda Pramuka Jatim di Tempat Relokasi Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Rabu, 6 April 2022.

 

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id