comscore

KPU Kota Tangerang Usulkan Anggaran Pilkada 2024 Rp101 Miliar

Hendrik Simorangkir - 10 Maret 2022 18:39 WIB
KPU Kota Tangerang Usulkan Anggaran Pilkada 2024 Rp101 Miliar
Ketua KPU Kota Tangerang, Ahmad Syailendra. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir
Tangerang: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang mengusulkan anggaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 2024 sebesar Rp101 miliar. Jumlah tersebut naik hampir Rp40 miliar jika dibandingkan pada Pilkada 2018 yang hanya sekitar Rp61 miliar.

"Ada kenaikan sekitar lebih Rp40 miliar dari anggaran sebelumnya (Pilkada 2018)," kata Ketua KPU Kota Tangerang, Ahmad Syailendra, di Tangerang, Kamis, 10 Maret 2022.
Baca: Pelaku Pembacokan Kiai di Indramayu Ditangkap

Syailendra mengatakan pihaknya sempat mengusulkan anggaran senilai Rp99 miliar untuk menggelar Pilkada 2024. Tapi anggaran tersebut direvisi kembali karena ada kenaikan biaya menjadi Rp101 miliar.

"Tapi ada perubahan pada jumlah TPS (tempat pemungutan suara) yang bertambah dari 3.100 jadi 3.200. Jadi kita revisi anggaran itu. Kemarin kita sudah kirim surat ke Pemkot Tangerang terkait revisi itu. Rencananya tahun ini itu menjadi Rp101 miliar akan selesai direvisi," jelasnya.

Syailendra menuturkan adanya kenaikan usulan anggaran itu untuk mengakomodasi alat pelindung diri (APD) dan item lain sesuai protokol covid-19, serta biaya anggaran panitia Adhoc.

"Paling banyak untuk badan Adhoc, saya lupa berapa besarannya. APD juga ada dengan biaya sekitar Rp3,8 miliar, karena kita menyesuaikan dengan kondisi sekarang," ungkapnya.

Menurut Syailendra dengan rincian sebesar itu biaya pelaksanaan Pilkada 2024 sebenarnya tidak melonjak signifikan dibandingkan Pilkada 2018, jika honor tim Adhoc digabung dengan anggaran KPU Provinsi.

"Karena di 2024 ada pemilihan serentak, nanti ada cost sharing. Kemungkinan besar yang akan di sharing terkait dengan Adhoc. Kita paling hanya mengajukan hibah APBD-nya saja," bebernya.

Syailendra menjelaskan rancangan anggaran sudah dikomunikasikan dengan pemerintah kota dan DPRD setempat. Skenario penyiapan anggaran untuk Pilkada 2024, kemungkinan pun bisa menggunakan dana cadangan pemerintah kota.

"Bisa saja dicadangkan karena itu bentuknya Perda. Tinggal proses, tadi ketemu dengan DPRD, bicara tentang itu (dana cadangan), artinya anggaran kami serahkan ke mereka," ujarnya.

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id