comscore

Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran 2 Km pada Minggu Malam

MetroTV - 17 Januari 2022 10:49 WIB
Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran 2 Km pada Minggu Malam
A?wan panas guguran terpantau dalam CCTV milik BPPTKG Yogyakarta pada pukul 21.38 WIB.
Yogyakarta: Gunung Merapi mengeluarkan awan panas guguran pada Minggu, 16 Januari 2022 malam. Awan panas guguran terpantau dalam CCTV milik Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta pada pukul 21.38 WIB.

“Awan panas guguran Gunung Merapi terekam dengan jarak luncur 2.000 meter ke arah barat daya,” ujar presenter Metro TV Reno Reksa dalam tayangan Metro Pagi Primetime, Senin, 17 Januari 2022.

 



Amplitudo getaran yang tercatat di seismograf yakni 18 milimeter. Sementara itu, durasi awan panas berlangsung selama 282 detik. BPPTKG Yogyakarta menetapkan status aktivitas Gunung Merapi pada status Siaga atau level 3.

Potensi Bahaya

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan juga awan panas pada sektor tenggara barat daya sejauh maksimal 3 kilometer, ke arah Sungai Woro. Potensi bahaya tersebut juga mencapai jarak 5 kilometer ke arah Sungai Gendol, Sungai Kuning, Sungai Boyong, Sungai Bedog, Sungai Krasak, Sungai Bebeng, serta Sungai Putih.

Kemudian, lontaran material vulkanik juga berpotensi menjangkau radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi jika terjadi letusan eksplosif. (Hana Nushratu)


(SUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id