comscore

Pria Timbun BBM Bersubsidi di Aceh Selatan Dibekuk

Fajri Fatmawati - 16 April 2022 19:04 WIB
Pria Timbun BBM Bersubsidi di Aceh Selatan Dibekuk
Ilustrasi solar subsidi langka - - Foto: MI/ Atet Dwi Pramadia
Aceh Selatan: Seorang pria di Aceh Selatan, Aceh, diamankan polisi karena kedapatan membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar dengan menggunakan mobil jenis kijang krista warna silver dengan bagian tangkinya sudah dimodifikasi.

Dirreskrimsus Polda Aceh, Kombes Soni Sonjaya, mengatakan, pria berinisial H, 37, warga Labuhan Haji Timur, Aceh Selatan, diduga telah melakukan penyalahgunaan BBM bersubsidi dengan modus membeli minyak di SPBU dengan mobil bertangki telah dimodifikasi.
"Awalnya pada Rabu, 13 April 2022, sekira pukul 23.00 wib, sejumlah petugas dari unit opsnal dan unit 2 pidter satreskrim Polres Aceh Selatan membuntuti mobil kijang yang dikendarai pelaku yang bolak balik ke SPBU untuk mengisi BBM jenis solar," kata Soni, Sabtu, 16 April 2022.

Kemudian, keesokan harinya pada Kamis, 14 April 2022, sekitar pukul 00.10 wib, petugas langsung memeriksa mobil tersebut dan ditemukan bagian tangki mobil sudah dimodifikasi dengan adanya baut kran tambahan untuk mengeluarkan minyak bersubsidi.

Baca juga: Polisi Amankan Truk Modifikasi Muatan 3 Ton Solar

Dari hasil pemeriksaan petugas, lanjutnya, BBM jenis solar setelah dibeli dari SPBU langsung dibawa ke rumah pelaku di Kecamatan Labuhan Haji Timur untuk disimpan dalam jeriken berkapasitas 32 liter dengan jumlah jeriken sebanyak 5 buah.

"Untuk keterangan sementara kepada petugas, pelaku telah melakukan aksi penyalahgunaan BBM solar itu sekitar tiga bulan," ungkapnya.

Barang bukti yang diamankan berupa 1 mobil Toyota kijang krista warna silver yang sudah dimodifikasi bagian tangki, 1 buah pompa manual untuk memindahkan BBM ke dalam jerigen, 5 buah jerigen berisi solar lebih kurang 160 liter, 7 buah jeriken kosong isi 32 liter, 2 buah jeriken kosong isi 20 liter dan 1 buah jeriken bekas oli warna merah isi 5 liter.

"Selanjutnya, 1 buah corong besar, 1 buah corong kecil, 1 buah ember warna hitam, dan 1 buah timbangan berat 30 kg. Saat ini pelaku beserta barang bukti telah diamankan di Polres Aceh Selatan untuk dimintai keterangan dan penyidikan lebih lanjut," jelasnya.


(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id