Lima Hari Hilang, KM Tiga Putri Ditemukan Terdampar di Perairan Belang Sulut

    Antara - 11 September 2021 12:23 WIB
    Lima Hari Hilang, KM Tiga Putri Ditemukan Terdampar di Perairan Belang Sulut
    Tim SAR gabungan memutuskan menghentikan operasi setelah KN SAR Bhisma 239 sandar di Pelabuhan Luwuk Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah setelah dilaporkan KM Tiga Putri telah ditemukan di perairan Belang, Provinsi Sulawesi Utara dan seluruh awak



    Palu: KM Tiga Putri GT 67 tujuan Pelabuhan Luwuk yang hilang di perairan Sulawesi Tengah lima hari lalu, ditemukan. Kapal  terdampar di perairan Belang Provinsi Sulawesi Utara pada Jumat malam, 10 September 2021.

    ?????Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Pencarian dan Pertolongan/Basarnas Palu Andi Sultan, mengatakan kapal yang mengalami kecelakaan pelayaran itu ditemukan KM Ardila pada Koordinat 0°26'48.21"U 125°16'10.30"T yang sedang melintas di perairan Belang berjarak kurang lebih 125 NM dari Pelabuhan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

     



    "Informasi ini kami terima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Taliabu, Provinsi Maluku Utara bahwa KM Tiga Putri ini berangkat dari Pelabuhan Taliabu, Maluku Utara sejak  4 September lalu," ujar Andi, di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu, 11 September 2021.

    Dilaporkan, setelah ditemukan selanjutnya  kapal tersebut dievakuasi dengan cara ditarik oleh KM Ardila ke Pelabuhan Belang. Seluruh awak kapal dinyatakan selamat, otoritas setempat langsung melakukan pendataan terhadap awak kapal dan penumpang.

    Dari pendataan itu, KM Tiga Putri GT 67 mengangkut 50 ton barang campuran. Termasuk 23 orang di dalamnya terdiri dari delapan kru dan 15 orang lainnya adalah penumpang.
     
    Baca: Kebakaran Kapal Pinisi di Labuan Bajo Diduga Berasal dari Genset

    "KN SAR Bhisma 239 yang sedang melakukan pencarian hingga ke perairan Sulawesi Utara memutar haluan kembali ke pangkalan dan tiba di Pelabuhan Luwuk pada Sabtu dini hari," ucap Andi.

    Ia menjelaskan, sebelum kapal tersebut di temukan KM Ardila, tim SAR intens berkoordinasi dengan salah satu keluarga korban. Ada pesan singkat masuk, kata dia, bahwa mereka dalam keadaan baik di tengah lautan, namun posisi persisnya tidak diketahui.

    Tim SAR gabungan, terdiri dari 12 personel Basarnas sudah termasuk kru KN SAR Bhisma, kemudian Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) dan Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Luwuk masing-masing satu personel serta tiga personel Pol Airud Polda Sulteng.

    "Dengan ditemukannya KM Tiga Putri GT 67, maka operasi SAR ditutup dan seluruh unsur yang membantu dikembalikan ke kesatuan masing-masing," jelasnya.

    Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id