Varian Covid-19 India Ditemukan di Kudus

    Media Indonesia.com - 13 Juni 2021 14:03 WIB
    Varian Covid-19 India Ditemukan di Kudus
    ilustrasi Medcom.id



    Kudus: Varian baru covid-19 India (B16172) terdeteksi masuk dan menyebar di Kabupaten Kudus. Sebanyak 28 dari 34 sampel pasien dinyatakan positif varian baru tersebut.

    Jumlah warga yang terkonfirmasi positif covid-19 di Kudus sebanyakl 2.342 orang. Selain itu,  juga ditemukan varian baru covid-19 India (B16172) di antara sejumlah pasien positif korona berdasar sample yang diambil oleh Kementerian Kesehatan.

     



    "Betul ditemukan varian baru covid-19 India (B16172) sebanyak 28 dari 34 sample pasien positif korona," kata Bupati Kudus HM Hartopo, melansir Mediaindonesia.com, Minggu, 13 Juni 2021.

    Terdeteksi munculnya pasien positif varian baru covid-19 India (B16172) ini, ungkap Hartopo, hingga saat ini masih dilakukan penelitian dari mana masuk hingga ada warga Kudus terpapar. Namun jika kondisi mendesak, tidak menutup kemungkinan dilakukan lockdown di Kudus untuk mengantisipasi penyebaran lebih luas.

    Baca: Padang Pariaman Masuk Zona Merah Covid-19

    Tak cuma di Kudus, daerah lain di Jateng yang mengalami peningkatan kasus covid-19 yakni Jepara, Demak dan Kota Semarang. Di Kabupaten Jepara, jumlah warga terkonfirmasi covid-19 kembali bertambah hingga mencapai 1.712 orang dengan 149 orang di antaranya dirawat di rumah sakit dan sisanya menjalani isolasi, jumlah ini meningkat dari sehari sebelumnya 1.425 orang.

    Kenaikan jumlah pasien juga terjadi di Kabupaten Demak, hingga saat ini tercatat mencapai 603 orang terpapar covid-19 dari sebelumnya hanya 200 orang. Demikian juga Kota Semarang, tercatat telah mencapai 1.312 orang dengan 531 orang di antaranya pasien rujukan dari luar daerah atau naik dari sebelumnya 1.253 orang.

    Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara terpisah kepada Media Indonesia mengatakan, meningkatnya jumlah warga terkonfirmasi covid-19 di beberapa daerah diduga akibat munculnya varian baru dari India tersebut. Karena indikasi itu, tampak dari beberapa kejadian dan temuan sample pasien mengarah itu varian India.

    Baca: Kasus Positif Covid-19 di Sleman Naik dalam 3 Hari Terakhir

    "Semua langkah penanganan kasus covid-19 ditempuh pemerintah dari pusat hingga daerah dengan harapan segera dapat teratasi," ujar Ganjar.

    Selain meningkatkan PPKM hingga pada lingkungan terkecil, beberapa wilayah dilakukan lockdown secara mikro untuk mengantisipasi penyebaran lebih luas. Terutama, kata dia, pada daerah menyala merah seperti Kabupaten Kudus.

    "Kita percepat vaksinasi sebagai langkah pencegahan," ungkapnya.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id