Stasiun Malang Sediakan Layanan Vaksinasi Covid-19, Ini Syaratnya

    Daviq Umar Al Faruq - 06 Juli 2021 12:49 WIB
    Stasiun Malang Sediakan Layanan Vaksinasi Covid-19, Ini Syaratnya
    Vaksinasi covid-19 di Stasiun Malang/istimewa.



    Malang: Stasiun Malang di Kota Malang, Jawa Timur, menyediakan layanan vaksinasi covid-19 bagi pelanggan kereta api jarak jauh (KAJJ) mulai Selasa, 6 Juli 2021. Pelayanan tersebut untuk mendukung program pemerintah dalam mempercepat vaksinasi covid-19 di Indonesia.

    "Dan juga membantu melengkapi persyaratan pelanggan KAJJ untuk melakukan perjalanan di masa PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) darurat," kata Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Selasa, 6 Juli 2021.

     



    Layanan ini merupakan hasil sinergi antara PT KAI Daop 8 Surabaya dan Pemerintah Kota Malang. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menggunakan layanan ini. 

    Pertama, calon penumpang harus berusia 18 tahun ke atas. Kedua, menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KAJJ yang berlaku.

    Ketiga, memiliki KTP karena NIK diperlukan untuk pendataan dan sertifikasi vaksin. Keempat, datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan. 

    Kelima, khusus bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin covid-19. Terakhir, calon penumpang dalam kondisi sehat. 

    "Meski telah mendapat vaksin, kami tetap mengingatkan kepada seluruh pelanggan untuk terus menerapkan protokol kesehatan dan disiplin 3M untuk memaksimalkan penjagaan dari tertularnya virus tersebut," tambah Luqman. 

    Sebagai informasi, mulai 5-20 Juli 2021, pelanggan Kereta Api Jarak Jauh wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau rapid test antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan. Disamping itu, pelanggan juga diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama. 

    Baca: RS di Bandung Terpaksa Tutup Layanan Akibat Nakes Terjangkit Covid-19

    Sementara, pelanggan di bawah 18 tahun tidak diharuskan menunjukkan kartu vaksin. Lalu, pelanggan dibawah 5 tahun tidak diharuskan menunjukkan hasil PCR atau Rapid tes Antigen. 

    "Jadi selama PPKM darurat masih ada beberapa perjalanan kereta api jarak jauh yang masih beroperasi dengan syarat," ungkapnya.

    Stasiun Malang memiliki tiga relasi KAJJ yang masih beroperasi selama PPKM darurat. Yakni KA Gajayana relasi Malang-Gambir, KA Malabar relasi Malang-Bandung, dan KA Jayabaya relasi Malang-Pasar Senen.

    (SYN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id