Pipa PDAM Rusak, Korban Banjir Bandang di Kota Batu Krisis Air Bersih

    Daviq Umar Al Faruq - 05 November 2021 21:43 WIB
    Pipa PDAM Rusak, Korban Banjir Bandang di Kota Batu Krisis Air Bersih
    Sejumlah warga Desa Buludendeng, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu mengisi air bersih pasokan dari relawan, Jumat 5 November 2021.



    Batu: Wilayah RT 02/RW 03, Desa Buludendeng, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, mengalami krisis air bersih. Pasalnya, pipa PDAM yang biasa menyuplai air bersih di kawasan tersebut rusak akibat diterjang banjir bandang, Kamis 4 November 2021 kemarin.

    Saat ini hampir seluruh warga di kawasan tersebut tidak mendapatkan air bersih. Beruntung, bantuan air bersih dari para relawan datang, Jumat 5 November 2021 sore.

     



    Salah seorang warga, Paimo, 38, mengaku, ikut mengambil air bersih untuk kebutuhan rumah tangga. Sebab, sejak banjir bandang menerjang wilayah setempat, air bersih sudah tidak bisa mengalir ke rumahnya.

    "Ya untuk kebutuhan sehari-hari untuk mandi, dan rumah tangga lainnya ya tidak bisa. Kalah BAB (Buang Air Besar) ada sedikit tandon tapi sudah habis ini," katanya di sela-sela mengisi air.

    Baca: Korban Banjir Bandang Kota Batu Enggan Menempati Posko Pengungsian

    Paimo mengaku, setelah peristiwa banjir bandang terjadi, kebutuhan air bersih di rumahnya meningkat. Sebab, banyak kerabat yang terdampak banjir bandang mengungsi ke rumahnya.

    "Ya ini mobil ini juga di sini karena saudara saya juga mengungsi rumahnya takut terkena banjir," bebernya.

    Sebelumnya, banjir bandang menerjang Kota Batu, Jawa Timur, Kamis 4 November 2021, pada pukul 14.00 WIB. Bencana tersebut terjadi setelah hujan dengan intesitas tinggi mengguyur wilayah hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas yang berada di lereng Gunung Arjuno.


    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id