Kebakaran Padang Sabana di Gunung Bromo Diduga Disengaja

    Clicks.id - 11 Oktober 2021 11:09 WIB
    Kebakaran Padang Sabana di Gunung Bromo Diduga Disengaja
    Petugas gabungan berjibaku memadamkan api yang melahap padang savana Gunung Bromo. (metrotv)



    Probolinggo: Belasan hektar vegetasi di tebing barat Gunung Bromo, Jawa Timur terbakar hebat.  Titik api pertama kali terdeteksi melalui kamera pengawas BPBD. Hasil penyelidikan, diduga sengaja dibakar!

    Asap putih masih nampak mengepul di tebing barat lereng Gunung Bromo, Senin 11 Oktober 2021.  Titik api kebakaran lahan di area konservasi Taman Nasional Bromo Tengger (TNBT) Semeru itu pertama kali terdeteksi kamera pengawas CCTV milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo.

     



    "Lokasinya berada di tebing barat lereng Bromo, tepatnya dari puncak Pondok Kawat, Pasuruan," ujar Aries Setiawan, Supervisor Pusdalops BPBD  Probolinggo, Senin, 11 Oktober 2021.

    Kondisi vegetasi yang kering membuat petugas gabungan TNI, Polri, Tim Manggala Agni TNBTS dan BPBD sempat kesulitan memadamkan titik hingga merambat cepat. Api dengan cepat mencapai wilayah Kabupaten Probolinggo.

    Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara petugas gabungan, kebakaran vegetasi di tebing barat Bromo ini ada unsur kesengajaan dari oknum tidak bertanggung jawab.

    Baca: Kebakaran Hanguskan 7 Hektare Lahan di Bireun, Aceh

    Akibatnya, 10 hektar vegetasi di tebing dan empat hektar vegetasi di dasar tebin hangus. Di lokasi itu terdapat vegetasi berupa cemara dan rumah bagi aneka burung liar yang hidup di kawasan Bromo.

    "Total kebakaran lahan melanda sekitar 14 hektar kawasan tebing dan savana Bromo. Potensi titik api masih bisa muncul kembali di area " ujar Subur Hari Handoyo, Kepala Resort Laut Pasir TNBTS.

    Petugas menghimbau pada masyarakat untuk tidak sembarangan membakar vegetasi. Sebab akan berpengaruh pada ekosistem yang ada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini.

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id