Polda Kalsel Siagakan 2 Kompi Brimob dan Samapta Menanggulangi Karhutla

    Antara - 12 Oktober 2021 14:39 WIB
    Polda Kalsel Siagakan 2 Kompi Brimob dan Samapta Menanggulangi Karhutla
    Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto mengecek pasukan penanggulangan karhutla dari Brimob. (ANTARA/Firman)



    Banjarmasin: Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) mengerahkan dua kompi yang terdiri dari Satuan Brimob dan Direktorat Samapta untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Operasi penanggulangan karhutla di bawah kendali Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

    "Asap dari terbakarnya lahan mulai muncul di beberapa titik, personel sudah siaga melakukan pemadaman di lapangan yaitu satu kompi Brimob dan satu kompi Samapta," kata Karo Ops Polda Kalsel Kombes Pol Moch. Noor Subchan di Banjarmasin, Kalsel, Selasa, 12 Oktober 2021.

     



    Dia mengaku, lahan yang terbakar saat ini merupakan alang-alang atau rerumputan. Bukan lahan perkebunan atau pertanian yang sengaja dibakar pemiliknya. Meski begitu, Subchan memastikan anggota di lapangan tetap siaga. Karena api sekecil apapun harus dipadamkan segera agar tidak membesar.

    Baca: Hutan Kawah Ijen Terbakar

    Polda mendirikan posko di beberapa titik yang rawan muncul karhutla. Terutama menjaga areal sekitar bandara di Banjarbaru agar tidak mengganggu penerbangan dari kabut asap akibat kebakaran lahan.

    "Sedangkan wilayah lainnya menjadi tanggung jawab Polres setempat bersama petugas gabungan lainnya baik pemerintah daerah maupun TNI," jelasnya.

    Pencegahan dan penanggulangan karhutla tahun ini juga mengedepankan teknologi informasi yaitu aplikasi Sistem Analisa Pengendalian Karhutla secara digital (Asap Digital) dan Lancang Kuning sesuai arahan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

    Sedangkan Polda Kalsel sendiri juga memiliki aplikasi Berantas Kebakaran Hutan dan Lahan (Bekantan) milik Direktorat Reserse Kriminal Khusus. Melalui aplikasi ini, personil seketika mendapatkan notifikasi jika ada laporan masyarakat di wilayahnya terjadi karhutla.


    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id