Tapal Batas NKRI Bergeser Gara-gara Abrasi

    MetroTV - 24 November 2021 12:27 WIB
    Tapal Batas NKRI Bergeser Gara-gara Abrasi
    Dalam kurun waktu 20 tahun terakhir, pergeseran tapal batas Indonesia akibat abrasi sudah terjadi 2 kali. Metro TV



    Pekanbaru: Tapal batas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Malaysia bergeser sepanjang 2 kilometer di Desa Muntai Barat, Kecamatan Bantan Bengkalis, Riau. Pergeseran tapal batas ini disebabkan abrasi laut yang mengikis pantai terluar.

    “Abrasi pantai di perbatasan titik 0 wilayah NKRI menggerus lahan perkebunan masyarakat,” terang presenter Metro TV Najla Hilabi dalam program Headline News, Rabu, 24 November 2021.  

     



    Dalam kurun waktu 20 tahun terakhir, pergeseran tapal batas Indonesia akibat abrasi sudah terjadi 2 kali. Tingkat abrasi di wilayah ini tinggi karena pantai di wilayah tersebut tidak memiliki pemecah gelombang.

    Indonesia sudah empat kali memindahkan menara suar sejak pertama kali dibangun pada 1990. Pemindahan tapal batas pernah dilakukan pada 1996, 2014, 2019.

    Akibat pergeseran tapal batas ini, sejumlah nelayan Indonesia sering dihalau keamanan Malaysia saat melaut. Untuk mengantisipasi pergeseran tapal batas yang terus terjadi, warga di tiga Kecamatan Bantan Bengkalis, Riau, menyiapkan lahan untuk pos lintas batas negara (PLBN).

    Warga berharap kehadiran PLBN dapat memberikan kemudahan akses bagi masyarakat menuju sejumlah wilayah di pulau Sumatra. (Nabila Safarina)

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id