Walkot Malang Sebut Ada Kesalahan Data Kasus Covid-19

    Daviq Umar Al Faruq - 15 September 2021 16:16 WIB
    Walkot Malang Sebut Ada Kesalahan Data Kasus Covid-19
    Wali Kota Malang, Sutiaji. Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq



    Malang: Wali Kota Malang, Sutiaji, menyebut penilaian level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) merupakan keputusan pemerintah pusat. Namun ia mengaku ada kesalahan pelaporan data covid-19 sehingga wilayahnya masih tetap berstatus Level 3.

    "Dalam satu minggu tidak boleh lebih dari 90 pasien covid-19 yang berada di rumah sakit. Padahal di Kota Malang itu dalam satu minggu kemarin kurang dari 75 pasien. Jadi kami sedang minta akses ke pemerintah pusat," kata Sutiaji di Malang, Rabu, 15 September 2021.

     



    Baca: Walkot Tangerang Selatan Ancam Hotel Venesia Juga Diberi Sanksi

    Sutiaji menerangkan sudah tidak ada lagi pasien covid-19 di Kota Malang yang dirawat di isolasi terpusat (isoter). Bahkan jumlah pasien covid-19 yang saat ini menjalani isolasi mandiri (isoman) tinggal empat orang.

    "Data yang di asessment itu kita hanya satu. Dalam satu minggu pasien yang dimasukan ke rumah sakit lebih dari 90 orang. Lalu kami sudah hitung, jumlahnya hanya 65 orang. Berarti kita counternya kesana, kami wudah sampaikan ke gubernur dan sekda," jelasnya.

    Sutiaji menambahkan angka positivity rate pasien di Kota Malang pun telah menurun. Bahkan jumlah pasien covid-19 yang meninggal dunia per hari nya juga berkurang. "Kita dua-tiga hari ini sudah kosong (pasien covid-19 meninggal)," ujarnya.

    Sebelumnya status zonasi Level 1 di Jawa Timur bertambah lima menjadi enam dari sebelumnya hanya satu daerah, yakni Kabupaten Lamongan. Lima daerah itu adalah Kabupaten Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Jember, dan Banyuwangi.

    "Alhamdulillah ada penambahan kabupaten/kota di Jatim yang masuk pada level satu. Sehingga total ada enam kabupaten/kota yang berada pada Level 1," kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di Surabaya, Selasa, 14 September 2021.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id