Berdamai dengan HIV-Aids

    Medcom - 04 Desember 2020 08:46 WIB
    Berdamai dengan HIV-Aids
    foto: Eagle Awards Documentary Competition
    Lampung: Pagi itu suasana stasiun kereta api Bandar Lampung nampak lengang. Sebuah kereta api nampak akan segera berangkat untuk melanjutkan perjalanan ke kota tujuan. Di dalamnya ada Almira (bukan nama sebenarnya) seorang wanita yang nampak biasa saja, tak banyak yang tahu bahwa dirinya adalah Orang dalam HIV-Aids (ODHA). 
     
    “Saya tahu HIV-Aids itu setelah 40 hari suami meninggal. itu pun tidak secara langsung, ada orang yang memberitahu saya tentang penyakit suami dan saya diminta untuk cek darah. hasilnya pun positif,” ungkap Almira.
     
    Menyandang status sebagai ODHA tentu membuat dirinya drop dan sempat berputus asa. Namun anak-anaknya lah yang menyadarkan dirinya untuk tetap semangat dan berjuang hidup.
     
    Berbeda dengan Almira, Elvina Harahap yang telah dinyatakan positif HIV-Aids lebih berani terbuka tentang penyakit yang dideritanya. meski awal-awal masyarakat tahu tentang penyakitnya tersebut dirinya kerap mendapatkan perilaku yang kurang menyenangkan.
     
    “Aku terinfeksi HIV-Aids itu tahun 2004, anak saya ada dua dan untungnya mereka dinyatakan negatif," tutur Elvina. 

    Berdamai dengan HIV-Aids
     
    Melihat diskriminasi yang sering terjadi pada penyintas ODHA, Elvina memilih untuk aktif di komunitas Jaringan ODHA Berdaya yang berada di wilayahnya. Hingga saat ini jaringan ini memiliki ratusan anggota mencakup Provinsi Lampung.
     
    Dalam memperingati Hari HIV-Aids sedunia yang jatuh pada bulan Desember Eagle Institute Indonesia mengambil kisah para penyintas ODHA ini yang dirangkum dalam sebuah film dokumenter berjudul Sketsa Dua Kisah.
     
    Film ini menjadi bagian dalam Eagle Awards Documentary Competition. Simak kisahnya pada hari Minggu, 6 Desember 2020 pukul 10.30 WIB di Metro TV.
     
    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id