Warga Tangsel Diminta Mewaspadai Angin Kencang dan Petir

    Farhan Dwitama - 17 November 2020 08:54 WIB
    Warga Tangsel Diminta Mewaspadai Angin Kencang dan Petir
    Ilustrasi. (Foto: AFP)
    Tangsel: Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) wilayah II Ciputat, mencatat saat ini sebagian wilayah Tangerang Selatan sudah memasuki musim hujan. Hal itu ditandai cuaca panas menyengat yang terjadi sebelum hujan turun.

    "Itu dikarenakan sudah memasuki awal musim hujan, jadi pada pagi atau siang hari terasa panas menyengat, dan kemungkinan sore nya hujan. Seperti itu," kata Kasub Bid Pelayanan Jasa BBMKG Wilayah II, Darman, saat dikonfirmasi, Selasa, 17 November 2020.

    Baca: Denda Pelanggar Protokol Kesehatan di Sorong Capai Rp70,3 Juta

    Darman menjelaskan dari hasil analisa cuaca dan iklim yang dilakukan oleh Stasiun Klimatologi Tangerang Selatan, saat ini kondisi cuaca pada wilayah Tangerang Selatan dalam satu atau dua hari kedepan diprediksi hujan ringan hingga sedang.

    "Kondisi ini terjadi karena di sebagian wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangsel sudah memasuki musim hujan. Namun juga dapat dimungkinkan terjadinya cuaca ekstrem seperti hujan lebat yang disertai kilat dan petir serta angin kencang di wilayah Tangerang Raya," jelasnya.

    Menurut Darman fenomena hujan lebat disertai angin kencang, kilat, dan petir disebabkan adanya gangguan lapisan atmosfer berupa Tropical Cyclone Alicia dan Eddy Sirkulasi.  Untuk itu dia mengimbau masyarakat Tangerang Selatan dan sekitarnya untuk tetap mewaspadai perkembangan cuaca ekstrem yang bisa terjadi setiap saat.

    "Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya cuaca ekstrim ini dan tetap selalu update informasi cuaca dari BMKG," ujar Darman.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id