UNS Mulai Uji Coba Kuliah Tatap Muka

    Triawati Prihatsari - 07 April 2021 16:07 WIB
    UNS Mulai Uji Coba Kuliah Tatap Muka
    Ilustrasi. Medcom.id/ Triawati Prihatsari



    Solo: Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mulai menggelar kuliah tatap muka, Rabu, 7 April 2021. Pelaksanaan uji coba kuliah tatap muka dilaksanakan di tiga fakultas yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, serta Fakultas Keolahragaan.

    "Kita mulai membuka diri untuk mencoba kuliah tatap muka. Yang pasti, uji coba ini bisa dilaksanakan setelah ada surat keterangan bersama menteri, yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri," kata Rektor UNS, Jamal Wiwoho, di Solo, Rabu, 7 April 2021.






    Baca: Jatim Kirim Bantuan untuk Korban Bencana di NTT

    Selain itu pelaksanaan uji coba kuliah tatap muka di UNS juga dilakukan berdasarkan Surat Edaran (SE) dari Dirjen Dikti. Disebutkan jika pelaksanaan kuliah tatap muka harus bersyarat dan bertahap.

    Bersyarat yang dimaksud yaitu kuliah tatap muka dijalankan dengan memperhatikan protokol covid-19. Kuliah tatap muka wajib menerapkan jaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, cek suhu, termasuk di dalamnya adanya izin dari orangtua.

    "Sehingga jika ada orang tua mahasiswa yang tidak mengizinkan anaknya masuk kuliah tatap muka, ya tidak apa-apa. Mereka tetap bisa mengikuti kuliah secara daring," jelasnya.

    Kemudian maksud bertahap yaitu tidak semua mahasiswa mengikuti kuliah tatap muka. Hanya mahasiswa semester dua dan semester akhir yang menempuh skripsi yang mengikuti kuliah tatap muka.

    "Ini nanti dicoba dulu, hanya separo dari kapasitas ruangan. Jadi kalau semester dua itu 100 mahasiswa kita coba 50 mahasiswa. Kemudian kita bagi maksimal satu ruangan. Kalau ruangan kecil ya 25 mahasiswa. Untuk dosen juga diutamakan yang sudah mendapatkan vaksin covid-19," ujarnya.

    Di UNS sendiri sebanyak 600 dosen telah mendapatkan vaksin covid-19. Total dosen yang diajukan mendapatkan vaksin sendiri berjumlah 1.700 orang.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id