Tujuh Daerah di Jatim Tak Bersikap Soal UMK

    Amaluddin - 21 November 2020 13:21 WIB
    Tujuh Daerah di Jatim Tak Bersikap Soal UMK
    Ilustrasi. Foto : AFP.
    Surabaya: Sebanyak 31 dari 38 pemerintah kabupaten/kota di Jawa Timur telah mengusulkan besaran upah minimum kabupaten/kota (UMK) tahun 2021. Sementara tujuh pemda sisanya belum mengusulkan besaran UMK.

    "Sampai saat ini masih ada tujuh pemerintah daerah (Pemda) yang belum mengusulkan UMK," kata Kepala Disnakertrans Jatim, Himawan Estu Bagijo, saat dikonfirmasi, Sabtu, 21 November 2020.

    Baca: Kejagung Tangkap Buron Korupsi Pembangunan Fasilitas Pelabuhan Awerange

    Himawan tidak merinci tujuh daerah yang dimaksud dan hanya menyatakan ada 18 bupati/wali kota di Jatim mengusulkan kenaikan UMK 2021 kepada Gubernur Jatim. Sedangkan 20 kabupaten/kota lainnya mengusulkan besaran UMK 2021 tetap atau tidak ada kenaikan dari besaran UMK 2020 yang ditetapkan Gubernur pada akhir 2019.

    "Misalnya daerah Ring satu (Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Mojokerto) semua mengusulkan UMK naik," jelasnya.

    Himawan mengaku belum bisa menyebut berapa besaran dan prosentase UMK nantinya. Pasalnya besaran UMK akan disampaikan langsung oleh Gubernur Jatim. "Prosentase dan besarannya menunggu yang sudah disahkan Gubernur, dan kemungkinan Senin besok baru dirilis oleh Bu Gubernur," ungkapnya.

    Sementara Ketua Dewan Pengupahan Jatim dari unsur pekerja, Ahmad Fauzi, mengatakan perbedaan pendapat antara pekerja dan pengusaha tetap mewarnai dua kali Sidang UMK 2021 Dewan Pengupahan. Ini lantaran ada daerah yang mengusulkan UMK naik dan ada juga yang mengusulkan UMK tetap alias tidak naik.

    "Sementara mereka (pengusaha) sebaliknya. Minta tidak naik, tidak naik, dan tidak naik," bebernya.

    Meski demikian semua usulan dari bupati/wali kota tentang besaran UMK 2021 telah disepakati bersama untuk disampaikan kepada Gubernur. Kini, keputusan tentang penetapan besaran UMK tahun depan itu sudah ditangan Gubernur Jatim. "Hasilnya seperti apa, nanti akan disampaikan langsung oleh Bu Gubernur," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id