Warga di Kaki Gunung Ili Lewotolok Diminta Waspada

    Antara - 12 Februari 2021 10:26 WIB
    Warga di Kaki Gunung Ili Lewotolok Diminta Waspada
    Aktivitas gunung Lewotolok menurun, namun, letusan dan embusan masih cukup tinggi, sehingga masih harus diwaspadai. ANTARA FOTO/Kornelis Kaha



    Kupang: Pemerintah Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), meminta masyarakat di kaki Gunung Ili Lewotolok tetap waspada. Pasalnya gunung api itu masih terus mengeluarkan material vulkanik.

    "Kami minta masyarakat untuk mewaspadai hal ini karena sampai kemarin juga masih terus erupsi," kata Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday, melansir Antara, Jumat, 12 Februari 2021.




    Dia mengatakan, saat ini seluruh warga yang sempat mengungsi di Kota Lewoleba sudah kembali ke rumahnya masing-masing. Termasuk warga di beberapa desa yang masuk dalam zona rawan bencana erupsi Gunung Ili Lewotolok.

    "Semua pengungsi sudah dipulangkan ke rumahnya masing-masing, tetapi semua harus tetap waspada," ujar dia.

    Baca: Gunung Ili Lewotolok Kembali Erupsi

    Sebelumnya, pada Kamis, 11 Februari 2021, Gunung Ili Lewotolok di Kabupaten Lembata, NTT, kembali mengalami erupsi. Kawahnya mengeluarkan asap putih dengan tinggi kolom 800 meter.

    "Asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal dan tinggi 800 meter di atas puncak kawah," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Ili Lewotolok Stanislaus Ara Kian.

    Stanis mengatakan, angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur dan tenggara di kawasan gunung api tersebut. Ia menyarankan warga sekitar lereng Ili Lewotolok serta pengunjung, pendaki dan wisatawan tidak melakukan aktivitas di area dalam radius tiga kilometer dari puncak kawah gunung api tersebut. Hingga kini status gunung api tersebut masih siaga level III.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id